8 Tips Jualan Online di Marketplace

PROFIT.web.id – Maraknya online marketplace membuat pembeli mendapatkan lebih banyak pilihan saat mencari barang impian mereka. Namun tidak hanya itu, kemunculan situs e-commerce juga menjadi berkah bagi penjual yang ingin berbisnis secara online.

Salah satu kelebihan bisnis online di e-commerce adalah kemudahannya. Cukup buat akun gratis, siapa saja sudah bisa mulai berjualan dan menggunakan semua fitur yang ada di platform tersebut.

Sayang dengan banyaknya penjual yang sama di platform tersebut, akan sulit untuk bersaing jika hanya mengandalkan keberuntungan semata.

Nah, agar semakin laris, berikut adalah beberapa tips jualan online di marketplace yang bisa dicoba!

tips sukses jualan online di marketplace dan situs e-commerce

1. Pilih Online Marketplace Terbaik

Saat ini ada banyak online marketplace yang bisa dipilih untuk berjualan online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi fitur maupun demografi pembelinya.

Shopee, Tokopedia, dan Lazada menyediakan aplikasi belanja online terbaik dan patut untuk dipertimbangkan. Tidak hanya memiliki reputasi yang baik, mereka pun menyediakan beragam fitur yang bisa kebanyakan bisa digunakan gratis oleh para penjual.

Enaknya lagi, sebenarnya tidak ada batasan di mana saja kita bisa membuat toko online. Jadi tentu tidak ada salahnya bila kita jualan online di semua platform yang ada, meski baiknya dibatasi 2-3 saja.

Satu hal yang perlu diingat, pastikan untuk tetap melayani konsumen dari masing-masing situs e-commerce agar reputasi masing-masing toko di platform yang berbeda tersebut tetap sama baiknya.

2. Lengkapi Profil Toko

Setelah selesai membuat toko online, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil toko tersebut. Dengan begitu pembeli bisa lebih yakin dan bisa memperoleh info toko dengan mudah.

Untuk melakukannya, lengkapi data-data toko mulai dari profil picture, deskripsi toko, jam operasional, hingga lokasi fisik toko (bila ada).

3. Lengkapi Deskripsi dan Foto Produk

Saat menjual sebuah produk, penjual umumnya akan mendapatkan form tertentu berisi data-data produk mulai dari nama, deskripsi, foto, SKU, berat, dan lain sebagainya. Melalui data tersebut, online marketplace dapat menentukan mana produk yang paling relevan dengan apa yang diinginkan konsumen.

Karena itulah, jangan sembarangan mengisi data-data produk tersebut, terutama pada bagian nama, foto produk, serta deskripsinya.

Judul dan foto bisa menjadi magnet agar pembeli mau melirik sebuah produk online, sementara deskripsi akan sangat penting untuk menentukan apakah barang tersebut sesuai dengan keinginan pembeli. Jadi jangan biarkan kolom tersebut kosong untuk memperbesar peluang terjualnya produk tersebut.

4. Fokus pada Satu atau Beberapa Produk Tertentu

Dengan adanya program reseller maupun dropship, siapa saja bisa berjualan tanpa perlu memiliki modal atau bahkan menyetok barang. Karena itulah kita bisa menjual beragam barang yang menawarkan kedua program tersebut dengan leluasa di toko yang kita buat sendiri.

Meski begitu ada baiknya jika toko yang dibuat hanya fokus pada beberapa barang tertentu yang masih ada dalam satu kategori.

Sebagai contoh, jika ingin menjual produk fashion, sediakanlah beragam produk dari kategori tersebut mulai dari baju, celana, rok, topi, dan lain sebagainya. Akan aneh bukan bila disela-sela barang tersebut tersempil barang dengan kategori yang ‘tidak nyambung’ seperti gadget atau alat berkebun?

Jika ingin memperbanyak jenis barang, kita bisa meletakan barang yang sekiranya akan dicari peminat yang sama agar bisa melakukan cross selling. Sebagai contoh, pembeli yang mencari tenda kemping kemungkinan besar juga akan mencari perlengkapan camping lainnya.

5. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Pada online marketplace, tidak sulit untuk menemukan satu barang dengan jenis dan merek yang sama. Kebanyakan pembeli akan memilih barang yang ditawarkan dengan harga yang lebih rendah atau barang yang dikirim dari area yang sama. Namun tidak jarang pengunjung akan membeli dari seller yang paling cepat membalas chat mereka.

Fitur chat kini ada di semua online marketplace. Dengan begitu mereka bisa bertanya banyak hal mulai dari ketersediaan barang hingga hal-hal teknis seputar barang.

Hal ini bisa jadi kesempatan besar untuk menggaet pelanggan baru dan bersaing dengan penjual lain di marketplace yang sama. Dengan memberikan layanan yang baik, toko online kita akan memberikan kesan yang baik meski pelanggan belum tentu melakukan transaksi.

6. Manfaatkan Fitur Online Marketplace

Salah satu kelebihan online marketplace adalah fitur-fiturnya yang kebanyakan bisa digunakan secara gratis oleh para seller. Makanya akan sangat mubazir bila hal ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Sebagai contoh, situs e-commerce biasanya menyediakan fitur untuk memanjakan pelanggannya seperti metode pembayaran COD yang memungkinkan pembeli untuk bayar di tempat. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meraih lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka pada toko online yang kita buat.

7. Promosikan Toko Online

Dengan persaingan yang ketat tentu akan sulit untuk bisa masuk ke halaman hasil pencarian pelanggan untuk kata kunci tertentu. Untuk melewatinya, kita bisa mempromosikan toko online melalui fitur ads.

Dengan fitur ini toko atau produk kita bisa muncul pada halaman pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan begitu peluang kita untuk meraih penjualan akan jauh lebih besar dibanding toko lain yang tidak menggunakan cara ini.

Selain itu kita juga bisa mempromosikan produk kita melalui platform lainnya seperti media sosial. Dengan begitu kita tidak hanya bergantung pada platform e-commerce saja untuk mendapatkan pelanggan.

8. Kirim Barang dengan Cepat

Setelah mendapatkan order, ada baiknya untuk segera mengirim barang agar pesanan pembeli dapat langsung mereka terima. Di zaman serba cepat seperti sekarang, perbedaan waktu dalam hitungan jam dapat memberikan kesan yang berbeda pada setiap pelanggan. Lagipula siapa yang tidak senang melihat barang yang mereka pesan cepat sampai ke rumah?


Dengan persaingan yang ketat, berbisnis di online marketplace tentu menghadirkan tantangan tersendiri bagi para seller. Agar toko online bisa tampak menonjol dan meraih minat banyak pelanggan, kita bisa menerapkan beberapa tips jualan online di marketplace di atas!

Leave a Reply