Bingung Mau Jual Baju Bekas di Mana? Di Sini Saja!

PROFIT.web.id – Baju jadi produk fashion yang mungkin akan terus dibeli setiap tahunnya. Tidak cuma karena kebutuhan, baju dan celana pun seringkali dibeli karena munculnya model terbaru, memenuhi gengsi, atau sekedar memanfaatkan momen diskon.

Sayangnya membeli di luar kebutuhan seringkali membuat kita malah menumpuk semua barang tersebut di lemari pakaian. Pakaian pun menjadi tidak terpakai dan akan sangat mubazir bila hanya didiamkan saja.

Untuk memanfaatkannya, kita bisa menjual semua barang-barang tersebut untuk mendapatkan kembali sebagian dari nilai jualnya. Bila produk fashion yang dimiliki masih sangat layak pakai, apalagi bila berasal dari brand tertentu, tidak akan sulit untuk menjual baju bekas secara offline maupun online.

Cara Jual Baju Bekas Secara Offline

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjual baju-baju bekas adalah dengan memasarkannya secara offline. Kita bisa menawarkan baju bekas layak pakai pada pedagang yang biasa menjual baju-baju bekas.

Di Jakarta sendiri ada beberapa tempat yang biasa menjual produk fashion bekas pakai seperti Pasar Kebayoran, Pasar Senen, atau Taman Puring.

Sebagai alternatif, beberapa penjual di pasar kaget atau pasar malam juga ada yang menerima baju bekas meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Jika baju bekas memiliki model vintage atau retro, baju tersebut juga bisa dijual pada distro yang menampung produk-produk fashion jadul.

Namun jangan berharap untuk mendapatkan bayaran dengan harga tinggi saat menjual di tempat-tempat tersebut. Tidak jarang baju bekas akan dibeli kiloan dan dihargai sangat murah tanpa melihat modelnya.

Cara Jual Baju Bekas Secara Online

Jika tidak ingin repot menawar harga dengan pedagang di pasar offline, baju bekas bisa dijual dengan mudah secara online melalui sosial media atau website yang menerima barang bekas. beberapa website untuk jual baju bekas yang bisa dicoba antara lain,

1. OLX

OLX merupakan hasil rebranding dari situs web iklan baris bernama TokoBagus. Meski menjual beragam produk baru, OLX kini lebih dikenal sebagai salah satu website dan aplikasi yang banyak menjual barang-barang bekas berkualitas.

Jual baju preloved di situs khusus barang bekas seperti OLX

Produk yang di-listing di website ini pun sangat beragam, mulai dari perlengkapan otomotif, gadget, hingga perlengkapan bayi. Kita bahkan bisa menemukan properti seperti rumah, ruko, atau tanah di website ini.

Jika masih bingung mau jual baju bekas di mana, OLX bisa jadi website pertama yang patut dicoba. Produk fashion bekas yang bisa dijual pun tidak terbatas pada baju saja, tetapi juga jam tangan, perhiasan, atau peralatan make-up.

2. Ebay

Ebay adalah salah satu situs jual beli online terkemuka yang sudah ada sejak pertengahan era 90-an. Sama seperti OLX, Ebay sebenarnya juga banyak menyediakan barang-barang baru, namun kini situs tersebut lebih sering digunakan untuk mencari barang-barang bekas berkualitas.

Jual baju bekas ke luar negeri melalui ebay

Karena berdomisili di luar negeri, situs ini akan lebih cocok jika ingin menjual baju bekas kita ke mancanegara. Meski begitu mungkin tidak semua baju cocok dijual di situs ini mengingat ongkos pengirimannya yang bisa lebih mahal dibanding harga bajunya.

Bila ingin lebih sukses berjualan baju bekas di Ebay, ada baiknya jika kita menyediakan baju bekas dengan motif atau corak yang sulit ditemukan di luar negeri seperti baju adat, batik, atau baju khas dari berbagai daerah di Indonesia.

3. BukaLapak

Banyaknya situs e-commerce di Indonesia membuat siapa saja bisa menjual barang secara online, termasuk barang-barang bekas seperti baju pre-loved.

Jual baju bekas di website Bukalapak

Di antara online marketplace besar di Indonesia, BukaLapak jadi salah satu situs yang banyak digunakan penggunanya untuk menjual barang bekas layak pakai. Selain melalui website, pengguna juga bisa menjual baju bekas dengan lebih mudah melalui aplikasi resmi yang terdapat untuk hp Android dan iPhone.

4. Tinkerlust

Tinkerlust jadi website jual beli barang bekas yang pas untuk memasarkan produk fashion branded mulai dari baju, tas, sepatu, hingga berbagai aksesors mewah lainnya.

Tinkerlust, website jual baju bekas branded dan mewah

Cara kerjanya sendiri cukup unik karena barang yang akan dimasukan dalam daftar jual akan dicek dulu oleh tim Tinkerlust. Setelah disetujui, pemilik barang akan mendapatkan taksiran harga barang melalui email. Barang yang setuju untuk dijual pun nantinya akan difoto oleh fotografer profesional sebelum masuk dalam situs Tinkerlust.

Satu fitur menarik di website ini adalah Fast Selling di mana pemilik bisa menjual barang mereka dengan cepat. Dengan cara ini, barang akan ditawar langsung oleh tim Tinkerlust. Barang yang memenuhi ketentuan pun dapat langsung diuangkan tanpa perlu menunggu lama.

5. Carousell

Carousell adalah startup asal Singapura yang sudah berdiri sejak tahun 2012 dan kini beroperasi di banyak negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Carousell jadi tempat jual baju bekas dan produk fashion wanita terpercaya

Tidak seperti kebanyakan situs jual beli online lainnya, Carousell memiliki misi untuk menginspirasi dunia untuk menjual dan menjadikan barang bekas sebagai pilihan pertama. Cocok kan untuk siapa saja yang ingin menjual barang preloved mereka?

Cukup dengan membuat akun gratis, siapa saja sudah bisa menjual berbagai macam barang, termasuk baju bekas, di platform ini. Adanya aplikasi Android dan iOS tentu akan memudahkan pengguna yang ingin mulai berjualan. Selain itu Carousell juga melengkapinya dengan berbagai fitur yang membuat jualan menjadi semudah mengambil foto, dan membeli semudah chatting.

6. Jualo

Jualo adalah jual beli online yang sudah ada sejak tahun 2014. Menggabungkan konsep marketplace dan iklan baris, Jualo berhasil menarik minat penjual dan pembeli yang ingin memasarkan dan membeli produk-produk berkualitas.

Jual beli baju bekas di Jualo

Jualo sendiri awalnya memiliki slogan ‘Jual Beli Aman Barang Bekas,’ meski kini memperluas jaringan mereka ke barang-barang baru. Meski begitu masih banyak yang memilih platform ini untuk menjual berbagai barang bekas layak pakai dari berbagai macam kategori.

Menjual barang bekas di Jualo semudah menghitung 1,2, 3. Jualo sendiri bisa mendeteksi posisi penjual/pembeli yang lokasinya berdekatkan hanya dengan mengaktifkan mode GPS. Selain itu Jualo juga menyediakan fitur ‘Tawar’ yang tentunya menarik untuk para pembeli.

7. Facebook Marketplace

Mungkin belum banyak yang tahu bila Facebook memiliki fitur Marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk jual beli barang secara online. Caranya pun cukup mudah dan hanya memerlukan akun Facebook saja.

Jual baju bekas (preloved) di Facebook Marketplace

Melalui fitur Marketplace tersebut, siapa saja bisa menjual barang-barang bekas mereka kepada jutaan pengguna Facebook lainnya. Barang yang diminati pembeli pun dapat didiskusikan langsung di Messenger.

Meski begitu perlu penjual dan pembeli patut waspada karena layanan tersebut hanya mempertemukan penjual dan pembeli saja. Jadi tidak ada layanan rekber (rekening bersama) atau escrow yang bisa menjamin keamanan transaksi.

8. Instagram

Selain Facebook, media sosial lain yang juga seringkali digunakan untuk berjualan adalah Instagram. Mengingat banyaknya pengguna yang memakai Instagram, platform ini sangat patut dipertimbangkan untuk menjual barang-barang preloved.

Jual baju bekas secara online lewat Instagram

Di sini pemiik akun bisa menjual barang apa saja, termasuk baju-baju bekas yang tidak lagi terpakai. Pastikan saja setiap postingan memiliki foto dan caption yang baik untuk menarik minat calon pembeli. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang sesuai agar barang prelove dapat ditemukan dengan mudah.

9. Forum Jual Beli Kaskus

Cara menjual baju bekas online terakhir yang bisa dicoba adalah melalui Forum Jual Beli Kaskus. Hal ini bisa dilakukan melalui aplikasi KASKUS Jual Beli yang bisa didownload di Play Store atau App Store.

Cara jual baju bekas di situs online Forum Jual Beli Kaskus

Forum Jual Beli Kaskus sendiri merupakan salah satu marketplace yang sangat populer sebelum merebaknya situs jual beli seperti sekarang. Di sini pengguna dapat menjual berbagai macam barang dari kategori apapun.

Transaksi pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beragam metode pembayaran, serta lebih aman dengan adanya sistem rekber.


Itulah dia beberapa cara menjual baju bekas, baik secara online maupun offline. Bila tidak ingin repot menjual langsung ke penadah baju bekas, kita bisa menjual baju bekas melalui website dan aplikasi di atas. Jadi jangan bingung mau jual baju bekas di mana karena kini semuanya bisa dengan mudah dilakukan dari rumah saja. Bila dilakukan dengan serius, jual beli baju preloved bahkan bisa jadi peluang usaha sampingan yang menggiurkan.

Leave a Reply