Apa Itu TKB90 dan TKW90 dalam P2P Lending?

PROFIT.web.id – TKB90 dan TKW90 adalah dua istilah yang akan sering ditemui pada P2P lending (peer-to-peer lending). Keduanya memiliki arti yang penting sehingga patut diketahui semua pemodal yang ingin menanamkan uang mereka pada platform P2P lending.

arti tkb90 dan tkw90 dalam p2p lending

Pengertian TKB90 dan TKW90

Nilai TKB90 atau TKW90 umumnya dapat dilihat jelas pada halaman depan sebuah situs P2P lending, meski biasanya yang dicantumkan hanya nilai TKB90 saja.

Hal ini menjadi saalah satu hal yang diwajibkan oleh OJK kepada penyelenggara P2P lending untuk menjaga tranparansi. Dengan begitu pemilik modal dapat mendapatkan informasu yang jelas mengenai tingkat keberhasilan yang bisa mereka peroleh.

Secara singkat, TKB90 adalah tingkat keberhasilan peminjam modal sementara TKW90 adalah kebalikannya. Semakin besar nilai TKB90, semakin baik pula platform P2P lending tersebut dalam mengelola dana investor.

Untuk penjelasan lebih lengkap, TKB merujuk pada ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara P2P Lending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu 90 hari terhitung sejak tanggal jatuh tempo.

Semakin tinggi nilainya artinya ada semakin banyak peminjam dana yang berhasil menyelesaikan kewajiban mereka kepada pemilik modal.

Nilai TKB90 tersebut dihitung menggunakan rumus berikut ini:

TKB90 = 100% – TKW90

TKW90 sendiri merupakan istilah lain dari non-performing loan alias gagal bayar. Istilah ini merujuk pada tingkat kelalaian dalam penyelesaian kewajiban di atas 90 hari dihitung sejak tanggal jatuh tempo. Semakin kecil nilai TKW90, semakin besar pula nilai TKB90-nya.

Untuk mendapatkan nilai TKW90 digunakan rumus berikut ini

TKW90 = (Outstanding wanprestasi > 90 hari / Total Outstanding) × 100%

Sama seperti proyek pada umumnya, tidak ada yang bisa menjamin keberhasilannya 100% karena risiko-risiko selalu ada meski bisa diatur agar nilainya minim.

Makanya risiko gagal bayar akan selalu ada meski masing-masing penyelenggara P2P lending memiliki caranya masing-masing agar pembayaran kewajiban tetap dapat diteruskan dan kerugian dapat ditekan.

Dengan dicantumkannya nilai TKB90, maka pemilik modal dapat mengetahui seberapa baik kinerja penyelenggara P2P lending dalam mengelola uang investor dan menjamin keuntungan mereka.

Berdasarkan data dari OJK, rata-rata persentase TKB90 fintech P2P lending per 2021 selalu konstan di atas 98%. Hal ini menjadi berita baik bagi para investor karena tingkat keberhasilan yang tinggi akan menjamin dana yang mereka pinjamkan akan benar-benar menguntungkan dan menjadi passive income.

Leave a Reply