9 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa

PROFIT.web.id – Memiliki usaha tidak perlu menunggu hingga sampai usia produktif kerja atau selepas kuliah saja. Dengan waktu yang lebih melimpah, pelajar dan mahasiswa memiliki kesempatan yang besar untuk belajar mandiri dan mendapatkan penghasilan sendiri.

Tidak hanya itu, resiko mengejar peluang bisnis pun bisa ditekan, terutama bagi yang masih tinggal bersama orang tua.

Untuk peluangnya sendiri terbuka lebar, apalagi dengan zaman canggih di mana semuanya serba online. Jika butuh inspirasi, beberapa peluang usaha sampingan ini bisa jadi pertimbangan.

Ide Usaha untuk Pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa

1. Penulis Lepas

Dengan semakin banyaknya orang yang mulai melirik blogging sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang, kebutuhan akan penulis juga semakin meningkat.

Meski bisa menulis blog sendiri, kebanyakan pemilik blog lebih senang menyewa penulis agar mereka bisa fokus pada hal lain seperti SEO dan marketing.

Bagi pelajar dan mahasiswa, menjadi penulis lepas adalah slaah satu peluang yang tidak boleh dilewatkan. Selain mendapat bayaran, ilmu yag di dapat di bangku sekolah atau kuliah juga akan sangat berguna jika dipakai untuk membuat artikel dengan topik yang cocok.

2. Blogger

Selain menulis untuk orang lain, pelajar dan mahasiswa juga bisa menulis untuk blog mereka sendiri. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan uang, blog juga bisa menjadi portfolio untuk memajang tulisan yang nantinya bisa dijual kepada orang lain.

Namun jika memutuskan untuk mengembangkan blog sendiri, ada banyak cara untuk memonetasinya. Selain melalui Google Adsense, ada juga program afiliasi, menyediakan slot iklan mandiri, menjual produk/jasa sendiri, hingga mengikuti lomba menulis blog.

3. Youtuber

Menjadi Youtuber jadi peluang usaha sampingan yang menarik untuk pelajar dan mahasiswa

Menjadi Youtuber jadi peluang usaha sampingan yang menarik untuk pelajar dan mahasiswa

Buat yang tidak terampil menulis tapi jago cuap-cuap di depan kamera, alternatif peluang sampingan yang bisa dilakukan adalah menjadi Youtuber.

Saat ini peluang menjadi Youtuber terbuka lebar bagi siapa saja, tidak terkecuali pelajar dan mahasiswa. Hanya dengan modal kamera hape dan koneksi internet, siapapun bisa menjadi Youtuber.

Untuk urusan konten pun bisa apa saja, mulai dari vlog seputar kehidupan sehari-hari hingga mengedit video sendiri untuk menyuguhkan tontonan yang menarik bagi pembaca.

4. Dropshipper/Reseller

Punya bakat jualan tapi bingung masalah modal? coba jadi dropshipper saja.

Tidak seperti bisnis konvensional pada umumnya, menjadi dropshipper tidak perlu modal besar kecuali smartphone dan internet. Dropshipper hanya perlu melakukan promosi dan mengumpulkan pembeli saja. Jika ada calon pembeli yang tertarik, dropshipper hanya akan melayani transaksi pembayaran saja. Proses pengadaan barang, packing, hingga pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier.

Selain dropshipper, peluang bisnis lain yang bisa dicoba pelajar dan mahasiswa adalah reseller. Beda dengan dropshipper, reseller harus membeli dan menstok barang sendiri dari supplier. Keuntungannya? kualitas produk bisa lebih terjaga dan pada beberapa kasus, barang reseller bisa dijual atas nama sendiri, bukan nama supplier.

5. Affiliate Marketer

Sama dengan dropshipper dan reseller, menjadi affiliate merketer dilakukan dengan mempromosikan barang/jasa milik orang lain. Bedanya, transaksi keuangan akan sepenuhnya dilakukan oleh pemilik program afliasi.

Affiliate merketer sendiri hanya perlu mempromosikan produk/jasa tertentu. Saat ada transaksi sukses yang dilakukan melalui link afiliasi, maka pemilik link tersebut akan mendapatkan komisi yang besarnya sudah ditentukan.

Sistem ini sendiri cukup mudah karena banyak yang menyediakannya secara gratis. Selain itu sistemnya tidak mengikat dan untuk berhenti dari program ini sangat mudah.

6. Membuka Les Privat

Membuka les privat jadi ide usaha yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa

Membuka les privat jadi ide usaha yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa

Membuka les privat adalah salah satu peluang usaha sampingan yang layak dipertimbangkan oleh pelajar SMA dan mahasiswa. Dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, rasanya tidak sulit untuk menjadi pengajar bagi siswa yang duduk di tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Selain memberi les privat mata pelajaran sekolah, materi lain yang dikuasai juga bisa menjadi bahan untuk les. Sebagai contoh, materi edit video kini banyak dicari oleh Youtuber pemula. Pengalaman edit video yang pernah dilakukan bisa dibuat dalam bentuk kursus dan dijual sendiri nantinya.

Les privat sendiri waktunya cukup flexibel dan bisa menjadi pekerjaan sampingan di malam hari setelah aktifitas sekolah dan kampus selesai.

7. Menjual Makanan Ringan

Menjual makanan ringan adalah salah satu peluang bisnis paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Tidak perlu makanan yang rumit, makanan ringan seperti jajanan pasar, minuman dingin, hingga gorengan bisa ide bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minim.

Tidak perlu gengsi menjajakannya karena makanan ringan hampir tidak pernah sepi pembeli. Dan meski kelihatannya sederhana, profit margin makanan ringan cukup besar dibandingkan produk lainnya.

8. Menjual Produk Fashion

Selain makanan, ide jualan lain yang juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa adalah produk-produk fashion. Apalagi anak-anak mudah umumnya tidak lepas dari pakaian serta outfit trendi dan kekinian.

Menjual produk fashion sendiri tidak butuh modal besar. Selain melalui metode dropship yang disebutkan di atas, pelajar atau mahasiswa bisa mengikuti program afiliasi yang diadakan oleh online marketplace seperti Bukalapak atau Lazada.

Tidak kalah menariknya, pelajar atau mahasiswa juga bisa melirik bisnis barang-barang preloved layak pakai yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Tergantung merek dan kondisi barang, produk-produk fashion bekas masih memiliki nilai jual yang cukup baik dan menguntungkan.

9. Video Editor

Konten dalam bentuk video kini bukan lagi hal yang asing. Tidak cuma di Youtube saja, konten video juga seringkali muncul di platform lain seperti TikTok, Instagram, atau Facebook.

Hal ini tentu membuka peluang bagi siapa saja yang memiliki skill editing video untuk menawarkan jasa mereka pada konten kreator sosial media. Tidak hanya bisa mendapatkan uang tambahan, pelajar atau mahasiswa juga berpeluang untuk meningkatkan skill editing mereka dan mempertebal portfolio kamu untuk keperluan di masa depan.


Sebagai pelajar dan mahasiswa, waktu rasanya menjadi salah satu hal yang tersedia dalam jumlah banyak. Jadi daripada dipakai untuk melakukan hal-hal yang kurang produktif, ada baiknya waktu luang ini dipakai untuk belajar berbisnis dan mencari penghasilan tambahan.

Dengan banyaknya ide peluang bisnis saat ini, yang perlu dilakukan hanya mencari bisnis yang cocok saja.

Leave a Reply