15+ Peluang Usaha di Bidang Jasa Terlaris

PROFIT.web.id – Bidang jasa menjadi salah satu lahan usaha yang menguntungkan , apalagi bila kita memiliki skill yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang lain.

Dibandingkan bisnis non-jasa, usaha di bidang jasa memiliki banyak kelebihan seperti modal yang relatif minim, tidak butuh tempat awal yang besar, hingga tidak perlu melakukan stok barang atau mengirim pesanan.

Tidak hanya itu, beberapa peluang usaha di bidang jasa juga akan tergantung personality pemiliknya. Jadi meski menawarkan skill yang sama, hasil serta layanan yang berbeda bisa jadi penentu sukses atau tidaknya jenis usaha tersebut.

Nah, jika ingin mencoba peruntungan bisnis jasa, berikut adalah beberapa contoh peluang usaha di bidang jasa terlaris yang bisa dicoba.

peluang usaha di bidang jasa terlaris yang bisa dicoba tahun ini

1. Jasa Servis

Mencari peluang usaha di bidang jasa dapat dimulai dengan melihat skill dan kemampuan yang dimiliki. Bila mempunyai skill untuk memperbaiki perangkat tertentu, kita bisa membuka jasa servis.

Entah memperbaiki komputer, gadget, alat elektronik, atau kendaraan bermotor, jasa servis hampir selalu dibutuhkan oleh semua orang sehingga bisa jadi peluang usaha yang baik untuk dijalankan.

2. Cuci Kendaraan Bermotor

Meski terlihat biasa saja, bisnis jasa yang satu ini ternyata bisa menghasilkan omset yang sangat menguntungkan. Jadi jangan heran bila jasa ini bisa menyewa begitu banyak orang meski kita hanya membayar Rp10.000-Rp20.000 saja untuk setiap layanannya.

Tidak hanya menyediakan layanan cuci mobil atau motor, pemilik usaha ini juga bisa menyediakan jasa lain yang masih berhubungan seperti poles bodi, semir ban, atau menjual pernak-pernik kendaraan bermotor. Selain itu usaha semacam ini juga bisa disandingkan dengan tempat makan agar pelanggan bisa menunggu kendaraan selesai dicuci sambil menikmati makanan atau minuman lezat yang pastinya juga menguntungkan si pemilik bisnis.

3. Laundry

Berikutnya ada laundry yang juga bisa jadi peluang usaha di bidang jasa yang banyak dicari. Dengan konsep minimalis yang banyak diterapkan banyak rumah sekarang ini, keberadaan tempat cuci dan jemur menjadi hal yang cukup mewah bagi sebagian orang.

Tidak hanya itu, waktu untuk melakukan laundry pun akan sangat minim bila seluruh anggota keluarga di rumah bekerja dan tidak terlalu sering berada di rumah. Karena itulah peluang usaha laundry menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Memulai bisnis ini pun terbilang mudah karena kini ada banyak franchise laundry dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Untuk mendapatkan untung yang maksimsal dari usaha ini, kita bisa memilih lokasi yang strategis seperti dekat dengan perumahan, kos-kosan, atau lingkungan lain yang umumnya menjadi tempat tinggal.

4. Cuci Sepatu

Sepatu kini tidak hanya dianggap sebagai alas kaki semata, melainkan sebuah aksesoris yang bisa menunjang penampilan trendy seseorang. Selain itu kini juga ada banyak orang yang lebih memilih sepatu dengan kualitas tinggi agar nyaman saat digunakan setiap hari.

Agar lebih awet, perawatan sepatu tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Sayangnya tidak semua orang mengerti, atau bahkan memiliki waktu untuk merawat sepatu-sepatu tersebut.

Tidak hanya diperlukan alat pembersih khusus, butuh skill serta ketelatenan untuk merawat sepatu-sepatu mahal tersebut. Makanya hal ini bisa jadi peluang bagi siapa saja yang sedang mencari peluang di bidang jasa.

Jika tidak memiliki kemampuan khusus pun, kini ada banyak franchise cuci sepatu yang bisa jadi alternatif.

5. Jahit Pakaian

mengubah skill jahit menjadi peluang bisnis jasa

Dibandingkan membeli pakaian jadi, kini ada cukup banyak orang yang lebih memilih untuk menjahit pakaian mereka sendiri. Selain bisa memesan bahan atau memilih model sesuai dengan keinginan mereka, menjahit pakaian sendiri juga dapat memastikan baju yang mereka pesan akan tampak bagus di tubuh mereka. Makanya jasa jahit seringkali menjadi incaran bagi mereka yang ingin membuat baju dengan ukuran tubuh mini atau plus size.

Sayangnya tidak semua orang bisa menjahit secara profesional, makanya hal ini bisa jadi peluang bisnis bagi mereka yang mampu melakukannya.

6. Web Developer

Di zaman yang serba online seperti sekarang membuat keberadaan website menjadi penting, apalagi bagi bisnis agar lebih dikenal oleh orang lain. Tidak hanya memberikan informasi seputar produk dan lokasi fisik bisnis, adanya sebuah website kini menjadi indikator terpercaya atau tidaknya sebuah brand.

Sayangnya membuat website butuh keahlian khusus yang mungkin akan sulit dipelajari dengan cepat. Tidak hanya dari segi teknis pembuatannya, faktor non-teknis lain seperti SEO pun bukanlah hal yang bisa dipelajari dalam waktu singkat.

Jadi jika memiliki skill pembuatan website, jasa ini bisa ditawarkan pada mereka yang membutuhkannya. Pemasaran dapat dilakukan melalui forum, grup Facebook, atau melalui situs freelance yang bisa digunakan secara gratis.

7. Desain Grafis

Selain pembuatan website, desain grafis juga jadi skill yang paling banyak dicari di era serba digital. Desainer grafis pun bisa mengerjakan beragam tugas mulai dari membuat tampilan website, logo, banner, hingga gambar untuk postingan di sosial media.

Skill desain grafis yang dikuasai pun bisa ditawarkan di beragam platform mulai dari sosial media, LinkedIn, atau melalui situs freelance khusus grafis seperti Sribu.com.

Meski begitu memang tidak mudah untuk bersaing di bidang jasa ini karena persaingannya yang cukup ketat. Bila ingin menarik minat klien, pastikan sudah memiliki portfolio yang baik agar calon klien bisa melihat kualitas yang mereka dapat. Selain itu tidak ada salahnya bergabung dengan komunitas desain agar karya yang dibuat bisa mendapatkan exposure yang lebih luas dan menarik banyak minat klien potensial.

8. Desain Interior

Selain desain grafis, desain interior juga kini bisa jadi peluang usaha di bidang jasa yang menguntungkan. Dengan sulitnya mencari lahan terbuka di perkotaan, banyak kaum milenial yang kini berusaha untuk mencari ide agar rumah mereka bisa terlihat indah dan nyaman meski berada di lokasi atau dengan ukuran yang tidak memungkinkan.

Hal ini tentu menjadi peluang yang sayang untuk dilewatkan bagi siapapun yang memiliki skill desain rumah. Selain menawarkan langung pada mereka yang membutuhkannya, jasa desain interior juga bisa dipasarkan melalui situs frelance lokal seperti SribuLancer Freelancer Indonesia.

9. Jasa Terjemah

Peran sebagai seorang penerjemah masih tetap diperlukan mengingat belum sempurnanya aplikasi terjemah yang ada sekarang. Makanya untuk dokumen-dokumen bisnis dan profesional lainnya masih menggunakan jasa translator untuk mengubah teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

Tidak hanya itu, kini ada banyak juga pemilik blog dan website, atau bahkan channel Youtube, yang ingin mengubah konten mereka ke dalam bahasa asing sesuai target negara mereka untuk mendapatkan untung lebih.

Hal ini tentunya menjadi peluang usaha yang baik bagi mereka yang menguasai bahasa asing. Bahasa Inggris dan Mandarin menjadi yang paling banyak dicari, meski kini bahasa lain seperti Jepang, Korea, Perancis, atau bahkan Spanyol juga tidak kalah peminat.

Untuk memulainya, kita hanya perlu bekal laptop dan koneksi internet yang memadai saja. Untuk mempromosikan jasa, kita bisa memanfaatkan berbagai situs freelance seperti Fiverr atau Upwork. Bila sudah mengerjakan banyak proyek, jangan lupa untuk membangun portfolio agar bisa mendapatkan proyek yang lebih besar dengan bayaran yang lebih mahal.

10. Jasa Tulis Artikel

Jasa tulis artikel bisa jadi salah satu peluang yang bisa dilakukan dengan mudah, meski akan sangat membantu bila sudah memiliki skill menulis sebelumnya.

Selain skill menulis, kemampuan literasi yang baik dan mengetahui banyak subjek mulai dari teknologi hingga kesehatan juga bisa membantu untuk sukses di bidang jasa ini. Mampu mengaplikasikan SEO (search engine optimization) juga bisa menjadi nilai plus bagi penulis artikel.

Kebutuhan akan jasa tulis artikel sendiri cukup baik mengingat kini banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membuat blog. Selain itu kebutuhan jasa tulis artikel juga diminati oleh perusahaan yang ingin agar brand mereka lebih dikenal masyarakat melalui tulisan yang berkualitas.

Untuk memulainya, kita bisa menawarkan jasa melalui forum atau grup Facebook blogger. Selain itu jasa tulis artikel semacam ini juga bisa ditawarkan melalui situs freelance atau bahkan melalui website yang dibuat sendiri.

11. Jasa Fotografi dan Videografi

Fotografi adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa jadi peluang usaha sampingan untuk karyawan yang memiliki hobi tersebut. Maraknya penggunaan konten visual seperti foto dan video membuat banyak orang kini mencari jasa fotografer maupun videografer untuk blog maupun akun sosial media mereka.

Tidak hanya itu, fotografer maupun videgrafer juga seringkali dibutuhkan dalam rangka perayaan seperti ulang tahun, pernikahan, dan perayaan besar lainnya.

Dan selain melalui proses pengambilan foto atau video secara langsung, dengan hobi ini juga bisa dihasilkan foto atau video yang bisa dijual sebagai stock photo/video. Foto atau video yang telah dibuat nantinya bisa dijual melalui situs microstock dengan lisensi tertentu. Dengan begitu kita bisa mendapatkan bayaran untuk setiap orang yang berniat menggunakan photo stock tersebut untuk keperluan mereka.

12. Barbershop

peluang usaha jasa cukur rambut

Mungkin tidak ada yang menyadari bahwa bisnis barbershop menjadi salah satu bisnis penting yang banyak dicari pembeli. Hal yang tidak mengherankan karena banyak orang di usia sekolah dan kerja yang butuh penampilan rapi saat ke sekolah maupun bekerja. Makanya di masa pandemi seperti sekarang, profesi barbershop menjadi terasa penting karena ternyata cukup sulit untuk menata gaya rambut sendiri tanpa bantuan profesional.

Profesi barbershop sendiri cukup menjanjikan karena pelanggan yang didapat bisa saja menjadi pelanggan tetap yang akan terus memotong rambut pada barbershop langganannya seumur hidup. Selain itu orang yang sama bisa saja mencukur lebih dari satu kali dalam sebulan untuk menjaga penampilan modis mereka.

Kemampuan mencukur rambut sendiri bisa dipelajari melalui banyak kelas atau kursus yang kini banyak disediakan barbershop ternama. Setelah menguasai tekniknya, pastikan untuk memiliki layanan yang berbeda pula agar kualitas layanan kita meningkat dan jasa yang ditawarkan pun berbeda dari barbershop lainnya.

13. Jasa Titip

Jasa titip bisa jadi salah satu peluang usaha di bidang jasa yang bisa dilakukan tanpa modal. Pada bisnis ini kita hanya perlu membeli sebuah barang pesanan dan mendapatkan komisi dari jasa tersebut.

Bisnis jasa titip seperti ini menjadi populer karena banyaknya permintaan untuk mendapatkan barang-barang tertentu yang dijual dalam waktu atau tempat yang spesifik. Sebagai contoh, pembelian barang di sebuah event yang hanya ada di kota dan waktu tertentu saja.

Tidak hanya itu, jasa titip umumnya juga populer bagi orang yang sering bepergian ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri. Di luar negeri sendiri ada cukup banyak item yang sulit dijumpai di Indonesia sehingga jasa titip sering mendapatkan order untuk mendapatkan barang tersebut di negara tujuan.

14. Jasa Penitipan Hewan

Membuka jasa penitipan hewan jadi peluang bisnis yang baik bagi mereka yang senang merawat binatang dan mengetahui cara perawatan yang baik.

Permintan akan tempat penitipan hewan cukup tinggi mengingat tidak semua orang bisa merawat atau memiliki waktu untuk bersama hewan peliharaan mereka. Permintaan akan jasa penitipan hewan akan semakin tinggi mendekati hari libur panjang. Pemilik hewan yang tidak bisa membawa peliharaan mereka tentu akan lebih senang bila hewan mereka terurus oleh tenaga profesional.

Meski begitu, untuk membuka jasa ini memang butuh tempat yang cukup besar tergantung jenis hewan peliharaan. Reptil, ikan atau burung mungkin tidak butuh tempat yang terlalu besar, namun kucing dan anjing rasanya butuh tempat yang lebih luas agar mereka merasa nyaman

15. Jasa Tour Guide dan Pembuatan Itinerary

Tinggal di kota atau negara yang banyak dikunjungi turis bisa jadi peluang bisnis yang baik di bidang wisata. Kita bisa menjadi tour guide atau sekedar membuatkan itinerary sesuai dengan budget yang dimiliki wisatawan.

Pengetahuan akan daerah sekitar serta cerita dan sejarah yang tersimpan di dalamnya bisa jadi poin plus untuk membuka bisnis ini. Selain itu tidak ada salahnya untuk berburu hidden gems agar wisatawan dapat memperoleh pengalaman liburan yang berbeda.

16. Rental Mobil

Peluang usaha di bidang jasa lainnya adalah rental mobil. Meski butuh modal awal yang cukup besar, peluang bisnis rental mobil masih akan diperlukan di tahun-tahun mendatang.

Salah satu faktor pendorong suksesnya bisnis ini adalah banyaknya tempat pariwisata yang bisa dikunjungi serta sulit dan mahalnyanya untuk memiliki mobil, apalagi di daerah perkotaan yang padat. Makanya banyak keluarga yang lebih memilih untuk menyewa mobil, terutama saat momen-momen tertentu saja seperti liburan atau lebaran.

Tidak hanya itu, kini banyak juga pebisnis yang membeli beberapa mobil untuk disewakan sebagai taksi online. Sistemnya sendiri mirip dengan taksi biasa di mana setiap supir harus menyetorkan sejumlah uang tertentu setiap harinya melalui aplikasi taksi online.


Dengan modal yang nyaris minim, ada banyak peluang usaha dibidang jasa yang menarik untuk dipertimbangkan. Hanya dengan modal skill yang dimiliki, kita bisa meraup untung terus-menerus tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pemasaran pun bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau secara online untuk meraih minat banyak pelanggan.

Leave a Reply