8 Rekomendasi P2P Lending Syariah Terbaik yang Terdaftar di OJK

PROFIT.web.id – Menanamkan modal di layanan P2P lending syariah terbaik adalah salah satu cara untuk berinvestasi sesuai dengan tuntunan agama dan tanpa riba. Keamanannya pun tidak kalah dibanding P2P lending konvesional karena kini ada banyak P2P lending syariah yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

P2P lending syariah sendiri bukan sekadar layanan yang mencantumkan kata syariah atau sharia saja. Pada prosesnya, mereka menggunakan akad yang sesuai dengan prinsip syariah seperti mudharabah atau bagi hasil, murabahah atau jual-beli, musyarakah atau bagi hasil dengan lender sebagai mitra usaha, serta wakalah atau penunjukan wakil yang nantinya mendapatkan ujrah atau imbalan (fee).

Tidak cuma itu, layanan P2P lending pun harus memenuhi persyaratan tertentu untuk memperoleh sertifikat kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia. Layanan P2P lending syariah yang sudah memiliki izin dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional pun umumnya mencantumkan logo berikut pada halaman website mereka.

Layanan P2P lending syariah umumnya menampilkan logo OJK dan DSN-MUI di website mereka.
Layanan P2P lending syariah umumnya menampilkan logo OJK dan DSN-MUI di website mereka.

Bila tertarik untuk berinvestasi pada layanan pinjaman peer-to-peer yang tanpa riba, berikut adalah beberapa layanan P2P lending syariah terbaik yang sudah terdaftar OJK.

P2P Lending Syariah Terbaik

1. Investree

Investree adalah salah satu layanan P2P lending terbaik di Indonesia. Pembiayaan yang disediakan Investree dirancang dengan menggunakan skema syariah melalui Akad Al Qardh untuk pemberian dana talangan, serta Akad Wakalah Bil Ujrah untuk mendapatkan ujrah.

Bila masuk ke website resminya, kita tidak akan melihat tanda-tanda investasi syariah. Namun setelah mendaftar, kita bisa melihat beberapa proyek pendanaan yang dilabeli dengan tag Syariah.

Semua produk pendanaan berlabel syariah sudah disaring dengan ketat agar tetap sesuai dengan ketentuan syariat islam. Dengan begitu pemberi pinjaman akan terhindar dari invoice yang berasal dari industri rokok, minuman keras, obat terlarang, hewan yang diharamkan, perjudian, prostitusi, hotel yang belum syariah, dan kegiatan lain yang bersifat spekulasi.

Untuk masalah keamanan sendiri jadi hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Sejak tahun 2017, Investree sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Di tahun yang sama, Investree juga mendapatkan Surat Rekomendasi Penunjukan Tim Ahli Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sesuai dengan Surat Nomor U-492/DSN-MUI/VIII/2017.

Produk syariah yang bisa didanai di Investree adalah invoice financing atau buyer financing dengan imbal hasil berkisar antara 12-20% tergantung besarnya risiko. Jumlah pendanaan minimal yang bisa dilakukan adalah Rp5 jtuta dengan kelipatan Rp1 juta. Sedangkan batas maksimal pemberian dana adalah sebesar Rp100 juta.

2. Ammana

Ammana adalah Fintek Syariah pertama di Indonesia yang hadir untuk mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower).

Satu hal yang membuatnya berbeda dengan layanan P2P syariah lainnya adalah adanya kerjasama dengan LKMS yang selama ini menjadi garda terdepan dalam membantu UKM dan masyarakat pedesaan dengan bantuan berbasis syariah.

Di sini kita bisa memilih dua jenis pendanaan. Pertama ada musyarakah di mana lender dan LKMS saling berkontribusi dalam bentuk modal untuk membiayaai pelaku usaha yang dibina oleh LKMS.

Kedua ada mudharabah di mana modal yang dikeluarkan untuk membiayai pelaku usaha yang dikelola oleh LKMS 100% berasal dari satu pemodal saja.

Proyek pendanaan dapat langsung dilakukan melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Pendanaan sendiri dapat dimulai dari Rp500 ribu dengan maksimal Rp2 milyar. Dengan imbal hasil yang dijamin transparan, pemberi pinjaman bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21,6% per tahun.

3. DanaSyariah

Dana Syariah memiliki konsep yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan layanan P2P lending syariah lainnya di daftar ini. Bila kebanyakan layanan lain berhubungan dengan pendanaan usaha, maka Dana Syariah fokus pada aktivitas jual beli properti.

Dana Syariah adalah salah satu rekomendasi P2P lending syariah yang sudah terdaftar OJK

Properti yang bisa didanai pun tidak sembarangan karena mereka hanya menawarkan properti yang sudah ada pemesan atau pembelinya. Setiap proyek pun sudah melalui proses seleksi yang ketat, meliputi analisa risiko atas kelayakan bisnis, kredit skoring, asset agunan, sampai kesanggupan bayar.

Pemberi dana dapat mulai berinvestasi dengan pendanaan minimal sebesar Rp1 juta. Imbal hasil yang bisa didapat berkisar antara 12% hingga lebih dari 18% tergantung tingkat risikonya. Menariknya, imbal hasil ini akan ditransfer secara otomatis ke rekening setiap bulannya.

4. Alami Sharia

ALAMI Sharia adalah platform peer-to-peer yang jadi jembatan bagi lender untuk menginvestasikan uangnya pada peminjam dana. Aktivitas Alami Sharia pun sudah terjamin dan diawasi langsung oleh OJK, serta sesuai dengan fatwa MUI dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional.

Siapapun yang sudah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki KTP bisa mulai melakukan pendanaan dengan jumlah minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 milyar. Imbal hasil yang bisa didapat pun cukup besar hingga 15% per annum tanpa ada potongan biaya admin.

Alami Sharia menjadi platform investasi bebas riba dengan layanan P2P lending syariah

ALAMI Sharia sendiri menawarkan berbagai produk pembiayaan yang fokus dalam membantu kegiatan UMKM di Indonesia, di antaranya,

Invoice Financing

Invoice financing adalah transaksi pembiayaan yang dilakukan berdasarkan bukti tagihan (invoice) untuk jasa pengurusan penagihan piutang.

Dalam skema ini, ALAMI Sharia menggunaan akad qardh dan wakalah bil ujrah.

Qardh atau pinjaman sendiri merupakan sebuah akad pinjaman kepada orang lain dalam batas waktu tertentu tanpa mengharapkan imbalan. Namun bila nasabah tidak mampu mengembalikan sebagian atau keseluruhan pinjaman, maka LKS dapat menjatuhkan sanksi berupa penjualan barang jaminan.

Wakalah sendiri merupakan pelimpahan kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain untuk melakukan suatu aktivitas atas nama pemberi kuasa. Penerima kuasa nantinya dapat menerima imbalan atas jasa tersebut.

Ecosystem Financing

Ecosystem financing adalah adalah jenis pembiayaan yang dilakukan kepada anggota ekosistem dari mitra ALAMI. Mitra ALAMI sendiri tediri dari berbagai pelaku usaha mikro yang telah dinilai secara internal oleh mitra ALAMI sebelum diajukan kepada ALAMI.

Secara umum, skema pembiayaan yang akan dijalankan dilakukan dengan akad murabahah. Murabahah sendiri merupakan perjanjian jual beli antara lembaga keuangan dengan peminjam. Lembaga keuangan nantinya dapat membeli barang yang diperlukan oleh peminjam, kemudian menjualnya kepada peminjam sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara lembaga keuangan dan peminjam.

Jadi alih-alih meminjamkan modal dalam bentuk uang yang berpotensi menghasilkan riba, lembaga keuangan melakukan transaksi jual beli biasa yang sesuai dengan syariat islam.

5. Qazwa

Qazwa adalah perusahaan peer-to-peer lending syariah lainnya yang memudahkan usaha mikro dalam memperoleh modal tanpa terjebak riba. Selain itu Qazwa juga sudah terdaftar dan diawasi OJK serta DSN-MUI sehingga terjamin keamanannya.

Qazwa jadi salah satu p2p lending syariah terbaik yang sudah terdaftar OJK

Dibandingkan nama-nama sebelumnya, berinvestasi di Qazwa tergolong mudah karena bisa dilakukan dengan minimum pendanaan Rp100 ribu saja. Imbal hasil yang bisa didapat pun cukup besar, hingga 24% per tahun sesuai dengan tanggunan risiko proyek tersebut.

Untuk memastikan pembiayaan dilakukan sesuai syariat islam, Qazwa menggunakan dua akan, yaitu mudharabah dan murabahah.

Pada akad mudharabah, modal yang diberikan kepada peminjam akan dikelola dan dipakai untuk melaksanakan aktivitas operasional bisnis yang berkaitan dengan objek/barang yang akan diperjualbelikan.

Sementara pada akad murabahan, modal yang diberikan kepada peminjam akan dipakai untuk membeli barang/bahan baku produksi sebelum dijual kepada peminjam dengan tambahan keuntungan (marjin) yang disepakati kedua belah pihak.

6. Duha Syariah

Duha Syariah adalah layanan P2P lending syariah terbaik milik PT Duha Madani Syariah yang sudah terdaftar OJK dan memenuhi ketentuan yang diatur oleh Dewan Syariah Majelis Ulama Indonesia.

Melalui aplikasi ini, siapa saja yang sudah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki KTP bisa melakukan pembiayaan dengan minimum Rp100 ribu hingga Rp2 milyar. Imbal hasil yang didapat pada masing-masing pembiayaan dapat dilihat pada halaman prodil Calon Penerima Pembiayaan sesuai dengan sistem grading dari Duha Syariah.

Satu hal menarik dari layanan ini adalah adanya sistem kredit yang memudahkan kita untuk mencicil produk halal yang dijual di e-commerce atau online marketplace yang sudah bekerja sama denga Duha Syariah. Selain itu pengguna juga bisa membeli perjalanan umroh dan wisata halal dengan tenor hingga 24 bulan.

7. Papitupi Syariah

Papitupi Syariah adalah platform pinjaman online syariah yang sudah terdaftar OJK sejak September 2021 lalu. Dalam pelaksanaannya, Papitupi Syariah menjalankan transaksi sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia No: 117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

Papitupi Syariah sendiri menyediakan pembiayaan dengan akad Murabahah yang dapat diangsur sesuai dengan tempo yang diinginkan. Selain untuk modal usaha, pembiayaan umumnya digunakan untuk pinjaman konsumsi seperti pemenuhan kebutuhan rumah tangga, pembelian kendaraan bermotor, keperluan sekolah, dan berbagai kebutuhan khusus lainnya.

Setiap orang yang bekerja di perusahaan yang bekerja sama dengan Papitupi Syariah dapat mengajukan Pembiayaan antara Rp1 juta hingga Rp50 juta dengan tenor hingga 36 bulan.

Orang lain yang berniat untuk mencari peluang investasi berbasis syariah pun dapat mendaftar sebagai pemberi pembiayaan di Papitupi Syariah dengan peluang imbal hasil yang kompetitif dan bebas riba, insyaallah!

8. Ethis

Sama seperti sebelumnya, Ethis juga terdaftar di OJK sejak September 2021 dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional.

Ethis jadi layanan p2p syariah yang fokus pada bidang konstruksi rumah dan infrastruktur

Selain mendanai proyek UKM, kebanyakan proyek di Ethis lebih condong kepada pendanaan untuk konstruksi, serta pengembangan properti dan infrastruktur. Selain itu mereka juga fokus pada pembangunan perumahan sederhana untuk mendorong pemenuhan kebutuhan tempat tinggal untuk kalangan menengah ke bawah.

Pemberi dana dapat ikut berinvestasi mulai dari minimal pendanaan Rp500 ribu dengan potensi imbal hasil antara 18%-24% per annum.

Jangan khawatir masalah risiko karena tim Ethis sudah bekerja keras untuk menyaring pendana dari pengembang terpercaya yang sudah memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu calon penerima pembiayaan juga harus menyiapkan aset sebagai barang jaminan yang nantinya bisa dicairkan bila penerima pembiayaan gagal bayar.


P2P lending adalah platform yang menjadi solusi bagi mereka yang ingin berinvetasi dengan mudah, atau mendapatkan pinjaman tanpa ribet. Melalui P2P lending syariah terbaik di atas, kini umat muslim pun dapat berinvestasi dengan aman sesuai dengan prinsip syariah, serta mendapatkan pinjaman tanpa riba.

Leave a Reply