7 Cara Mendapatkan Modal untuk Bisnis Mahasiswa

PROFIT.web.id – Menjadi mahasiswa menjadi kesempatan untuk mencoba berbagai hal, salah satunya berbisnis. Sayangnya langkah ini seringkali terhambat modal sehingga peluang usaha hanya sekedar menjadi ide yang sulit terealisasi.

Padahal meski berstatus mahasiswa, tetap ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari modal tambahan. Selain itu mahasiswa juga bisa mencoba ide bisnis lain yang bisa dilakukan tanpa modal seperti menjadi dropshipper atau reseller.

Nah, bagi yang ingin belajar berbisnis sambil kuliah, berikut adalah beberapa cara mencari modal untuk bisnis mahasiswa.

cara mencari modal untuk bisnis mahasiswa

1. Menabung

Menabung bisa jadi cara paling mudah untuk mendapatkan modal usaha. Uang jajan yang diberikan orang tua bisa disisihkan sebagian hingga terkumpul menjadi modal usaha. Hal ini bisa dilakukan dengan memilah-milih antara kebutuhan dan keinginan. Selagi menunggu uang terkumpul, kita bisa bisa mematangkan ide bisnis dan melakukan riset tambahan agar peluang suksesnya semakin besar.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika menabung dirasa terlalu lama, mahasiswa juga bisa mencari penghasilan tambahan dengan cara menjadi pekerja lepas atau freelance. Tidak hanya bisa jadi usaha sampingan, bekerja sebagai pekerja lepas juga bisa menjadi cara untuk mengembangkan skill yang dimiliki atau sekedar menambah pengalaman bekerja pada orang lain.

Bila memiliki skill atau hobi tertentu, seorang mahasiswa bisa menawarkan kemampuan yang dimiliki melalui situs freelance. Dengan begitu mereka bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu terikat pada jam kantor.

Sebagai alternatif, mahasiswa juga bisa mencari pekerjaan part-time yang bisa dilakukan di waktu senggang seperti bekerja di tempat makan di sekitar kampus atau menjadi staff pada event tertentu.

3. Patungan

Modal untuk bisnis mahasiswa juga bisa dilakukan dengan cara patungan. Skemanya sendiri bisa diatur agar teman yang berniat untuk bergabung bisa menjadi rekan bisnis atau sekedar investor.

Saat mencari rekan bisnis, pastikan mereka memiliki visi dan misi yang sama sehingga perbedaan pandangan bisa diminimalisir sebelum memulah usaha. Pastikan juga sudah ada perjanjian hitam di atas putih agar tidak terjadi kesalahpahaman saat bisnis mulai membesar dan menjanjikan banyak keuntungan.

4. Menerima Pembayaran Uang Muka

Uang muka atau down payment (DP) menjadi alternatif yang baik untuk memulai usaha tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. Sistem pembayaran semacam ini bisa digunakan pada berbagai macam jenis usaha mulai dari jasa titip, pembuatan produk fashion, hingga usaha makanan.

5. Menerima Tawaran Proyek Dosen

Bila ada dosen yang meminta untuk membantu proyek mereka, jangan ragu untuk mengambil kesempatan tersebut. Hal ini bisa berarti bahwa dosen tersebut percaya pada kemampuan seorang mahasiswa sehingga mereka mau melibatkannya pada proyek tersebut.

Uang yang didapat mungkin tidak akan seberapa dibanding usaha di tempat lainnya, namun hal ini bisa menambah pengetahuan serta pengalaman baru yang tidak ternilai. Lagipula tidak ada salahnya mengembangkan networking dengan orang-orang yang lebih berpengalaman di bidangnya bukan?

6. Menjadi Dropshipper

Bila ide bisnis yang dimiliki butuh banyak modal, kenapa tidak belajar berbisnis terlebih dahulu menggunakan ide bisnis lain yang nyaris tanpa modal.

Salah satu peluang usaha yang minim modal adalah dropshipping. Cukup bekal smartphone dan kuota internet, bisnis ini bisa dijalankan dari mana saja, bahkan sambil kuliah.

Dropship sendiri merupakan model bisnis di mana kita akan lebih banyak memasarkan barang dagangan orang lain dengan margin keuntungan yang bisa kita atur sendiri. Saat terjadi transaksi, dropshipper hanya perlu mengurus pembayarannya saja, bagian pengemasan dan pengiriman barang sudah diatur oleh pihak supplier.

Agar sukses menjadi dropshipper, pastikan untuk memilih barang dengan kualitas bagus dan supplier yang bisa diandalkan agar pelanggan tidak kecewa. Selain itu tingkatkan kualitas layanan agar usaha dapat bersaing dengan dropshipper lain yang menjual barang yang sama.

7. Mengikuti Lomba Kewirausahaan

Tidak jarang ada brand-brand besar yang menyediakan lomba kewirausahaan yang bisa diikuti oleh siapa saja. Lomba semacam ini tidak hanya berhadiah besar, tapi juga membuka peluang bagi pemilik ide usaha untuk mengembangkan ide mereka dan mendapatkan modal yang diperlukan untuk mewujudkannya.

Tidak hanya itu, ide bisnis kita juga akan dinilai langsung oleh para pakar di bidangnya sehingga kita bisa mendapatkan feredback positif dan mendapatkan banyak ilmu baru.


Ada banyak cara mencari modal untuk bisnis mahasiswa yang bisa dilakukan bila tidak ingin terlalu tergantung pada pinjaman orang tua. Dengan mendapatkan modal sendiri, kita bisa merasa lebih bertanggung jawab dan punya motivasi lebih untuk tidak mengalami kegagalan.

Leave a Reply