5 Cara Meminimalisir Risiko Investasi untuk Pemula

PROFIT.web.id – Risiko jadi hal penting yang harus dipelajari saat mulai berinvestasi. Adanya risiko dapat mengurangi keuntungan, atau bahkan membuat semua modal investasi menghilang.

Setiap jenis investasi memiliki risikonya masing-masing. Namun pada umumnya, investasi dengan risiko tinggi menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Nah, untuk meminimalisir risiko investasi, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

cara meminimalisir risiko investasi untuk pemula

1. Kenali Jenis Investasi yang Dilakukan

Sebelum memulai investasi, pastikan kita sudah mengetahui terlebih dahulu setiap kelebihan, kekurangan, serta risiko apa saja yang ada pada investasi tersebut.

Beberapa jenis investasi berisiko rendah bisa dipelajari dengan mudah dan langsung dijalankan saat itu juga. Namun investasi berisiko tinggi baiknya tidak dilakukan dengan gegabah.

Jadi jangan berinvestasi karena ikut-ikutan tren atau hanya karena ingin meniru kesuksesan orang lain saja. Pastikan sudah dibekali dengan ilmu yang cukup agar risiko yang muncul dapat diminimalisir.

2. Diversifikasi

Diversifikasi jadi cara paling ampuh untuk meminimalisir risiko investasi. Dengan melakukan hal ini, kita akan meletakan modal pada beberapa instrumen investasi.

Hal ini berguna agar kita tidak bergantung pada satu market saja. Jadi ketika ada satu investasi yang gagal, kita tidak akan mengalami kerugian besar, apalagi bila investasi lainnya ternyata mengalami kenaikan.

3. Batasi Investasi

Semangat untuk berinvestasi bisa jadi pisau bermata dua bagi investor pemula. Mendapatkan untung dari investasi seringkali diiringi oleh penambahan modal yang lebih besar. Namun tidak jarang hal ini dilakukan menggunakan asumsi bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang sama seperti investasi sebelumnya tanpa melakukan riset kembali. Meski beberapa investasi terbilang aman, risk management tetap perlu dilakukan agar kerugian yang mungkin muncul bisa ditekan.

4. Memperpanjang Waktu Investasi

Kerugian investasi bisa juga diminimalisir dengan memperpanjang waktu investasi tersebut.

Sebagai contoh, saham atau mata uang kripto yang nilainya tibat-tiba jatuh bisa saja terselamatkan dengan memperpanjang waktu selagi menunggu sentimen positif dari pasar.

Selain itu hal ini juga akan berguna jika kita mengalokasikan dana pada instrumen investasi jangka panjang yang umumnya menghasilkan lebih banyak untung saat dilakukan dalam jangka waktu yang lebi panjang.

5. Awasi Investasi Secara Berkala

Bila memiliki banyak jenis investasi, penting untuk mengawasinya secara berkala dan melakukan penilaian secara rutin untuk mengukur kinerjanya.

Dengan begitu investasi yang menghasilkan sedikit keuntungan atau mengalami kerugian bisa segera dipotong untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Modal pun bisa dialihkan ke jenis investasi lain yang lebih menguntungkan atau mencoba jenis investasi baru lainnya.


Kerugian adalah hal yang pasti ada, meski pada investasi yang relatif aman sekalipun. Namun kita bisa meminimalisir kerugian investasi dengan menerapkan beberapa langkah mudah di atas.

Leave a Reply