6 Manfaat Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis

PROFIT.web.id –  Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah mengatur stok barang yang ada. Tidak hanya memastikan ketersediaan barang saja, kita juga harus mengetahui stok barang rusak, stok barang yang diretur pelanggan, hingga mengetahui harga modal barang berdasarkan waktu pembeliannya.

Pada usaha berskala kecil, hal semacam ini masih bisa dilakukan secara manual menggunakan kertas dan pena. Namun jika sudah mulai kompleks, kita bisa memanfaatkan spreadsheet Excel untuk mengatur daftar stok barang sesuai dengan kebutuhan kita.

Namun jika bisnis sudah mulai berkembang pesat, akan sulit untuk mengatur stok barang dengan tingkat presisi yang baik. Jika dituangkan dalam Excel pun mungkin tidak semua orang bisa menggunakan dan mengupdatenya.

Untungya kini ada beberapa aplikasi stok barang yang bisa kita gunakan. Dengan aplikasi ini, kita bisa lebih mudah dalam mengatur stok barang yang ada. Namun tidak cuma itu, masih ada banyak manfaat aplikasi stok barang lainnya yang pastinya berguna untuk usaha dan bisnis.

Manfaat Aplikasi Stok Barang Gudang

Manfaat aplikasi stok barang gudang untuk bisnis dan usaha

1. Menghindari Kehabisan Stok dan Kelebihan Stok

Salah satu manfaat utama menggunakan aplikasi stok barang adalah untuk menghindari kehabisan stok atau malah kelebihan stok. Jika sampai terjadi, keduanya tentu membawa kerugian tersendiri bagi bisnis kita.

Kekurangan stok akan membuat layanan terhadap pelanggan menjadi terganggu, sementara kelebihan stok bisa menyebabkan meningkatnya biaya pemeliharaan serta munculnya risiko barang kadaluarsa.

Memiliki stok yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan persediaan, pelanggan yang tidak bahagia serta potensi kehilangan penjualan.

Dengan aplikasi stok barang, hal semacam ini bisa dipantau dengan mudah. Kita bahkan bisa mengatur agar restocking bisa berjalan secara otomatis saat stok barang mulai menipis.

2. Menghindari Kesalahan Penjualan

Manfaat lain menggunakan aplikasi stok barang adalah untuk meminimalkan risiko overselling.

Dengan aplikasi stok barang, level stok di gudang akan terus disesuaikan setiap kali kita melakukan penjualan. Dengan begitu setiap orang secara otomatis akan memiliki data yang sinkron sehingga akan mengurangi risiko overselling, atau menjual barang melebihi stok yang kita miliki.

3. Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas Bisnis

Stok adalah aset berharga yang menjadi salah satu modal penting dalam sebuah bisnis. Maka dari itu kita tentu ingin agar stok diatur secara efisien agar modal yang dikeluarkan untuk membelinya tidak menjadi sia-sia.

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, kita bisa melihat stok barang yang paling sering terjual dengan cepat serta melalui siapa pembelian dilakukan.

Hal ini tentu akan membantu pelaku bisnis dalam membuat keputusan pembelian yang lebih baik ke depannya. Bukan tidak mungkin data yang ada digunakan untuk memprediksi tren tahunan yang berguna untuk bisnis kita.

Tidak hanya itu, aplikasi stok barang memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal selain menghitung jumlah stok barang di gudang saja.

Dengan aplikasi tersebut, kita bisa mengelola produk dengan berbagai tanggal kedaluwarsa. Hal ini penting terutama jika bisnis kita bergerak pada industri makanan, kesehatan, kecantikan, atau farmasi.

Selain itu kita juga bisa menangani unit pengukuran yang rumit, memproses dan mengirim pesanan langsung dari aplikasi, mencetak label pengiriman, membuat serta memperbarui daftar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Mengurangi Biaya

Meningkatkan efisiensi dan produktifitas bisnis pada akhirnya akan mengurangi biaya yang diperlukan dalam mengatur dan mengelola stok barang.

Jadi tidak ada lagi cerita barang tidak laku terjual karena masa kadaluarsanya habis atau semacamnya.

Selain itu aplikasi stok barang juga cocok untuk bisnis yang memiliki beberapa cabang berbeda namun ingin memiliki satu gudang yang terkontrol saja. Dengan begitu alur barang akan lebih efisien dan tidak saling tumpang tindih.

5. Merapihkan Alur Kerja

Beberapa aplikasi stok barang memungkinkan kita untuk membuat akun pengguna untuk setiap staf dalam bidang yang berbeda-beda, mulai dari sales hingga bagian akuntansi. Dengan begitu, kita bisa mengintegrasikan aplikasi ini agar berjalan dengan workflow yang baik.

Pada contoh sederhana, kasir akan lebih mudah untuk mengetahui apakah sebuah menu tersedia atau tidak dengan melihat stok barang melalui aplikasi stok barang yang sudah diintegrasikan dengan aplikasi kasir yang mereka gunakan.

Pada contoh yang lebih kompleks, aplikasi stok barang bahkan bisa digunakan bersamaan dalam sebuah alur mulai dari gudang hingga sampai ke tangan konsumen. Misalnya, bagian staf dapat saling berbagi informasi kepada pelanggan, pemasok (supplier), dan lainnya. Dengan cara ini, semua orang dapat melihat setiap daftar pesanan hingga terpenuhi dan sampai ke tangan pelanggan.

Saat ada pesanan masuk, tim operasional dapat dengan mudah membuat pengiriman dan mengemas semua barang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Saat pengiriman pesanan berjalan, mereka juga bisa membuat daftar pengambilan dan pengepakan ke tim gudang agar barang bisa segera dikirim. Ketika pesanan telah diterima oleh pelanggan, aplikasi ini juga dapat menandai pesanan tersebut dengan status ‘terkirim’. Pembayaran untuk barang yang sudah berstatus terkirim pun dapat langsung diproses oleh tim keuangan. 

6. Otomatisasi Tugas Manual

Manfaat lain yang bisa didapat dengan menggunakan aplikasi kasir adalah kemudahan untuk melakukan otomatisasi pada beberapa tugas tertentu. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu pada tugas yang biasanya dikerjakan secara manual, apalagi pada tugas yang cukup rumit.


Mengatur stok barang dengan efisien adalah salah satu langkah penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Untungnya kini ada banyak aplikasi stok barang yang bisa membantuk kita mengatasi masala seputar stok dan restok.

Tidak hanya membantu memantau jumlah barang persediaan, aplikasi stok barang juga bisa memudahkan alur kerja, hingga membantu bisnis untuk berjalan lebih efisien dan lebih hemat biaya.

2 Comments

  1. Dulu pny warung sembako ma istri. Pernah makai aplikasi berbasis desktop. Awal2nya emg terasa ribet menginput barang 1/1.

    Lama2 jg jadi enak. Utamanya dalam pengelolaan stok.

    Sekarang aplikasi stok udah banyak yang berbasis hp ya. Lebih simpel lagi tentunya

  2. Betul bang Day, awalnya memang repot, tapi lama-lama ngebantu banget buat ngatur stok barang. Kalau saya dulu malah bikin sendiri pakai excel. Lumayan kepake banget sampai sekarang.

Leave a Reply