9 Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah dan Tanah

PROFIT.web.id – Meski umumnya dijadikan tempat tinggal, nyatanya rumah juga bisa jadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Mengingat terbatasnya lahan dan jumlah permintaannya yang selalu tinggi, harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

Dengan potensi keuntungan yang besar, tidak heran jika banyak pemodal besar yang tertarik untuk menginvestaikan uang mereka dalam bentuk rumah.

Meski begitu investasi rumah juga butuh pertimbangan matang agar bisa menghasilkan untung yang optimal. Sebelum memulai, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu keuntunga dan kerugian investasi rumah.

keuntungan dan kerugian investasi rumah

Keuntungan Investasi Rumah

1. Bisa digunakan sendiri

Keuntungan investasi rumah yang pertama adalah dapat digunakan sendiri. Baik dibeli untuk tujuan sendiri atau investasi, nilai rumah akan tetap sama. Jadi jika belum memiliki rumah sendiri, tidak ada salahnya menggunakannya terlebih dahulu sebelum nantinya dijual atau disewakan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Bisa jadi passive income

Rumah yang dijadikan investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif (passive income) jika kita menyewakannya, entah dalam bentuk sewa rumah atau dibuat bisnis kos-kosan.

Dengan menyewakannya, rumah bisa mendatangkan penghasilan rutin selama dihuni orang lain. Uang tersebut tentu akan sangat berguna untuk membantu membayar pajak tanah dan bangunan, atau membayar cicilan bank jika rumah dibeli melalui KPR.

3. Dapat dijadikan jaminan pinjaman

Keuntungan lain dalam memiliki investasi properti adalah kemudahannya dalam dijadikan jaminan pinjaman. Kebanyakan bank pemberi kredit cenderung memberikan prioritas pinjaman pada pemilik properti seperti rumah.

Modal yang didapat nantinya bisa digunakan untuk banyak hal lain, seperti memulai bisnis sendiri atau dialihkan dalam bentuk investasi lainnya. Pastikan saja uang digunakan dengan pertimbangan yang matang agar properti dapat ditebus kembali.

4. Nilai jual rumah terus naik

Kombinasi permintaan yang tinggi dan jumlah rumah yang terbatas membuat harga rumah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan nilai jual rumah akan dipengaruhi banyak faktor, namun ada beberapa faktor yang membuat harga rumah melonjak drastis seperti pembangunan infrastruktur di sekitar rumah.

5. Multiguna

Jika properti terletak pada lokasi yang strategis, properti tersebut tidak hanya bisa jadi rumah tinggal saja tetapi juga tempat usaha, kantor, dan beragam peruntukan lainnya. Dengan mengubah fungsi rumah, kita bisa meningkatkan nilai sewa atau jual bangunan yang ada.

Meski begitu kita juga harus mengetahui peraturan dan syarat untuk mengubah fungsi rumah tersebut agar tidak bermasalah di kemudian hari.

6. Investasi jangka panjang

Rumah adalah salah satu investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan mengingat harganya selalu naik setiap saat. Permintaan tinggi yang tidak disertai jumlah rumah yang cukup akan membuat rumah menjadi barang langka yang nilainya bisa sangat fantastis di kemudian hari.

Dibandingkan investasi jangka panjang yang lainnya, investasi rumah bisa menawarkan return yang sangat besar. Nilainya pun lebih terjamin, terutama bila terletak di lokasi yang tidak terdampak bencana alam.

Kerugian Investasi Rumah

7. Modal awal yang besar

Salah satu kerugian investasi rumah adalah modal awalnya yang sangat besar. Bahkan untuk membeli sebidang tanah pun butuh uang dalam jumlah yang cukup tinggi bagi kebanyakan orang. Belum lagi bila kita kita berencana untuk membangun sebuah rumah di atas tanah tersebut.

8. Penyewa yang bermasalah

Rumah yang disewakan bisa mendatangkan keuntungan bagi pemilik rumah. Namun bila penyewanya bermasalah, bisa jadi malah kerugian yang akan didapatkan.

9. Biaya perawatan yang besar

Properti yang tidak digunakan atau disewakan bisa menjadi beban bagi pemiliknya. Selain harus rutin membayar pajak, biaya perawatan properti juga bisa cukup besar tergantung luas properti dan banyaknya kerusakan yang harus diperbaiki.


Investasi properti seperti rumah adalah salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan mengingat harganya yang akan selalu naik. Satu tips membeli rumah untuk investasi yang perlu diperhatikan, pastikan memilih lokasi potensial atau strategis agar keuntungan yang didapat juga maksimal.

Leave a Reply