11 Inspirasi Bisnis Kelapa Tua yang Menguntungkan

PROFIT.web.id – Dibandingkan kelapa muda, bisnis kelapa tua mungkin jarang dilirik mengingat airnya yang tidak lagi segar dan daging buahnya yang mulai keras. Padahal bila diolah dengan benar, kelapa tua juga dapat bernilai ekonomis tinggi.

Jika di sekitar kita terdapat banyak kelapa, maupun limbah kelapa, kita bisa memanfaatkannya untuk diolah kembali menjadi barang bernilai ekonomis tinggi dan mendapatkan keuntungan.

Peluang Bisnis Kelapa Tua

1. Keripik Kelapa

Membuat keripik kelapa bisa jadi ide bisnis rumahan bermodal kecil yang bisa dilakukan siapa saja. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak sulit dan bisa dilakukan menggunakan perabotan dapur yang sudah ada.

Daging kelapa tua yang sudah dikerok nantinya bisa dijemur hingga mengering, atau dipanggang mengggunakan oven untuk mempercepat prosesnya. Daging kelapa yang sudah mengering pun nantinya bisa dikemas, atau ditambahkan penyedap rasa terlebih dahulu sebelum dipasarkan.

Sebagai alternatif, daging kelapa tua pun bisa diolah menjadi makanan kering lain menggunakan campuran adonan tepung beras, tepung tapioka, telur, dan penyedap rasa.

2. Tepung Kelapa

Tepung kelapa adalah tepung yang berasal dari daing kelapa yang didapat setelah santan atau minyak kelapa dihasilkan. Tepung kelapa sendiri tidak jauh berbeda dengan tepung biasa, dengan bentuk seperti serbuk putih halus, dan bisa digunakan untuk membuat aneka kue serta mengentalkan sup atau semur.

Peluang bisnis dari kelapa tua yang menguntungkan

Namun berbeda dengan tepung biasa, tepung kelapa 100% bebas gluten. Hal ini membuat tepung kelapa menjadi alternatif yang cocok untuk mereka yang intoleransi terhadap gluten. Hal ini bisa jadi peluang bisnis di mana tepung kelapa bisa dipasarkan sebagai salah satu makanan sehat yang aman dengan indeks glikemik rendah.

3. Santan Kelapa

Meski santan umumnya dibuat menggunakan kelapa yang sudah agak tua, beberapa makanan justru akan lebih lezat bila dibuat menggunakan santan dari kelapa tua, seperti Rendang, Nasi Kuning, atau Nasi Uduk. Dengan populernya makanan-makanan tersebut, tentu tidak sulit untuk memasarkan santan dari kelapa tua untuk dijadikan bahan makanan.

Tidak hanya dalam bentuk cair, santan kelapa tua pun bisa dipasarkan dalam bentuk santan kering (santan bubuk). Dengan begitu santan akan lebih mudah dipasarkan dan lebih tahan lama.

4. Pupuk Organik

Pembuatan pupuk adalah salah satu peluang usaha pertanian yang menjanjikan. Di antara banyak jenis pupuk, pupuk organik menjadi tren positif yang kini banyak digandrungi karena tidak mengandung bahan kimia dan tidak membahayakan lingkungan.

Kelapa tua sendiri bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan pupuk organik. Baik air maupun sabut kelapa ternyata bisa diolah dengan mudah menjadi pupuk organik yang tidak kalah berkhasiat dalam menyuburkan tanaman.

Air kelapa merupakan sumber hara yang menyimpan banyak nutrisi penting bagi tanaman seperti Nitrogen, Fosfor, Kalium, Magnesium, dan unsur mikro lainnya. Untuk membuat pupuk organik dari air kelapa, kita harus menyaring air kelapa terlebih dahulu. Setelah itu tambahkan larutan gula/air tebu dan tambahkan EM4 (effective microorganism) secara merata.

Air kelapa yang sudah tercampur lalu didiamkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Aduk secara berkala lalu diamkan selama kurang lebih 10 hari hingga proses fermentasi selesai.

Untuk sabut kelapa sendiri merupakan alternatif terbaik untuk pupuk yang mengandung Kalium seperti KCI atau KNO3. Proses pembuatannya pun cukup mudah karena kita hanya perlu mencincang sabut kelapa dan mencampurnya dengan larutan air, tetes tebu, dan EM4. Setelah itu simpan wadah pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 2 minggu lalu saring larutan sebelum digunakan.

5. Kerajinan dari Batok Kelapa

Teskturnya yang mudah diolah dan bentuknya yang unik membuat batok kelapa seringkali dimanfaatkan kembali untuk dijadikan kerajinan. Dengan tingkat kreativitas yang tinggi, batok kelapa yang tidak terlalu bernilai bisa dibuah menjadi karya seni yang bernilai tinggi.

Contoh peluang bisnis kelapa tua dengan memanfaatkan batoknya sebagai kerajinan tangan

Cara paling mudah untuk memanfaatkan batok kelapa bekas adalah mengubahnya menjadi perabotan rumah tangga seperti mangkok, celengan, cangkir, atau asbak rokok. Namun dengan jiwa seni yang tinggi, batok kelapa juga bisa diubah menjadi kerajnan tangan seperti lampu hias, aksesoris, mainan, dan pajangan rumah lainnya.

6. Peralatan Rumah Tangga dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa dapat diolah menjadi perabotan rumah tangga bernilai ekonomis tinggi seperti sapu dan keset. Dibandingkan bahan lainnya, sabut kelapa memiliki tekstur yang pas sebagai alat pembersih. Warnanya pun dijamin tidak mudah pudar karena tidak menggunakan pewarna buatan.

Meski kini sudah ada sapu dan keset yang dibuat dari bahan sintetis, perabot rumah tangga dari sabut kelapa masih menjadi favorit, terutama untuk pemakaian di luar ruangan mengingat sabut kelapa tahan terhadap cuaca.

7. Arang dari tempurung Kelapa

Membuat arang dari batok kelapa bisa jadi peluang bisnis yang tidak kalah menguntungkan. Tidak hanya diperuntukan untuk proses memasak, arang tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan dasar obat nyamuk bakar, zat karbon aktif untuk menjernihkan air, bahan baku produk kecantikan, hingga mengusir rayap.

Potensi arang sebagai bahan baku briket pun masih cukup menjanjikan, tidak hanya di pasar lokal namun juga pasar mancanegara. Di Eropa, briket banyak digunakan dalam pembuatan barbeque, sementara di Timur Tengah, briket digunakan sebagai bahan bakar shisa atau hookah.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu minyak alami yang dibuat menggunakan ekstrak daging kelapa tua. Minyak kelapa sendiri memiliki banyak khasiat yang membuatnya banyak digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis yang baik jika kita memiliki banyak stok daging kelapa tua di sekitar kita.

Contoh olahan kelapa tua yang banyak dicari pembeli

Cara pembuatan minyak kelapa sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Virgin coconut oil bisa dibuat tanpa proses pemanasan dengan cara memarut kelapa dan membuatnya menjadi santan. Larutan santan kemudian didiamkan sampai minyaknya terpisah dari bagian lainnya.

Cara lain untuk membuat minyak kelapa adalah dengan proses pemanasan. Minyak yang dihasilkan umumnya berwarna lebih gelap dibanding cara sebelumnya. Pada proses ini, santan yang sudah dibuat dipanaskan sambil diaduk secara merata. Setelah didinginkan, minyak akan terpisah dari bagian lainnya dan bisa diambil.

Minyak kelapa yang sudah dihasilkan nantinya bisa dikemas dalam botol, atau digunakan kembali sebagai bahan baku produk-produk kecantikan seperti sabun , dll.

9. Pakan Ternak

Ide bisnis kelapa tua lain yang tidak kalah menariknya adalah dengan mengolahnya menjadi pakan ternak. Menurut Balitbang Pertanian, Kementrian Pertanian, pakan ternak dari limbah ampas kelapa bahkan sangat dianjurkan untuk unggas (terutama ayam buras) mengingat kandungan gizinya yang masih relatif tinggi.

Ampas kelapa sendiri bisa didapat dari hasil sisa-sisa pembuatan santan maupun minyak kelapa. Ampas tersebut nantinya bisa diubah menjadi pakan ternak melalui proses fermentasi. Hal ini tentunya bisa menjadi solusi bagi para peternak untuk mengakali harga pakan ternak yang kadang tidak menentu.

10. Tepung Batok Kelapa

Tempurung kelapa yang sudah dibersihkan ternyata bisa diolah untuk menjadi tepung batok kelapa (coconut shell powder) Tergantung tingkat kehalusannya, tepung batok kelapa ini memiliki banyak kegunaan seperti,

  • Senyawa pengisi untuk perekan resin sintetik
  • Sebagai isian dan pengembang untuk serbuk phenolic molding
  • Bahan baku pasta pembersih tangan berat yang berfungsi sebagai abrasif ringan
  • Bahan baku pupuk organik
  • Bahan baku pembuatan obat nyamuk bakar, dan masih banyak lagi

11. Jual Beli Limbah Kelapa

Melihat banyaknya manfaat ekonomis yang bisa didapat dari kelapa tua, tentu akan ada banyak orang yang melihat hal ini sebagai peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Namun untuk melakukannya, mereka tentu butuh pasokan kelapa dan limbahnya agar mereka bisa mengolahnya kembali.

Hal ini bisa jadi peluang bisnis tersendiri di mana kita bisa mengumpulkan limbah kelapa, tidak hanya kelapa tua, dan memasarkanya pada mereka yang membutuhkannya sebagai bahan baku olahan.

Bisnis sendiri ini tidak butuh modal besar dan bisa dilakukan dengan mengumpulkan kelapa-kelapa bekas dari para pedagang kelapa. Hal ini menjadi win-win solution bagi pedagang kelapa yang akan sangat terbantu untuk menyingkirkan sampah kelapa mereka.


Itulah dia beberapa inspirasi bisnis kelapa tua yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Meski ada yang butuh modal besar, kebanyakan bisa dilakukan dari rumah dengan modal minim. Hasilnya pun sangat beragam karena kelapa tua sangat fleksibel dan bisa dibentuk menjadi barang bernilai ekonomis lainnya tanpa tersisa.

Leave a Reply