10 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

PROFIT.web.id– Memulai bisnis umumnya identik dengan modal besar. Padahal bila kita jeli, ada beberapa usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa jadi ide usaha kita selanjutnya.

Modal 50 ribu tersebut nantinya kita alokasikan pada bahan baku atau produk yang ingin dipasarkan, sementara peralatan dan perlengkapan yang diperlukan bisa memakai barang-barang yang sudah kita miliki di rumah.

Nah, tergantung dari skill, minat, dan ketersediaan peralatan di rumah, berikut adalah beberapa ide usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa dicoba sekarang.

ide usaha rumahan modal 50 ribu

1. Jual Gorengan

Gorengan jadi bisnis murah meriah yang tidak ada matinya. Harganya yang sangat terjangkau membuat banyak orang menyukai camilan yang seringkali dimakan sebagai lauk juga.

Dengan menggunakan peralatan yang ada di dapur, siapa saja bisa mulai menjual gorengan dari rumah mereka sendiri. Modal Rp50.000 nantinya bisa digunakan untuk membeli bahan baku gorengan mulai dari tepung, garam, penyedap rasa, dan lain sebagainya.

Meski sekilas sederhana, usaha makanan seperti gorengan memiliki untung yang cukup lumayan. Dan bila sudah dikenal orang banyak, gorengan bisa laris diserbu pembeli. Cocok bagi siapa saja yang ingin memutar uang 50 ribu dengan cepat.

2. Jual Pulsa dan Kuota Internet

Seiring pesatnya penggunaan smartphone, kebutuhan akan pulsa dan paket data juga ikut-ikutan meningkat. Meski pembelian pulsa dan kuota tersebut kini bisa dilakukan dari masing-masing ponsel, masih ada cukup banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli di konter terdekat karena lebih praktis.

BIla memiliki letak rumah yang cukup strategis dan mudah dijangkau dari mana saja, membuka konter kecil di rumah dan menjual pulsa serta kuota bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan.

Bisnis pulsa sendiri bisa dimulai dengan modal yang sangat minim, bahkan bisa dari Rp50.000 saja. Dengan keuntungan antara 1.000 – 2.000 per transaksi, modal pun bisa cepat balik dan digunakan untuk mengembangkan bisnis.

3. Jual Keripik

Sama seperti gorengan, orang Indonesia juga menyukai keripik sebagai camilan di kala santai. Makanya bisnis keripik cukup banyak dinikmati, apalagi dibanding kue-kue basah, keripik bisa disimpan lebih lama.

Menjual keripik sendiri bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Dengan modal 50 ribu, kita bisa membeli keripik dalam bal besar dan mengepaknya lagi dalam bungkus-bungkus kecil. Sebagai contoh, keripik ukuran 1 kg bisa dikemas ulang dalam ukuran 100 g atau 200 g dengan harga jual yang terjangkau.

Jika ingin jauh lebih murah, kita bisa mengolah keripik sendiri dengan membeli bahan baku keripik. Setelah digoreng, keripik bisa dikemas dan diberi label yang cantik agar orang-orang tetarik.

Untuk pemasaran, kita bisa menawarkannya pada orang di sekitar rumah atau rekan-rekan di kantor. Dan untuk memperluas pemasaran, kita bisa memanfaatkan sosial media yang bisa digunakan secara gratis.

4. Bisnis Kuliner Rumahan

peluang usaha makanan rumahan modal 50 ribu

Bagi yang memiliki skill memasak, memulai bisnis kuliner bisa jadi salah satu ide bisnis yang patut dicoba. Apalagi kini usaha kuliner bisa dilakukan dari rumah tanpa perlu memiliki tempat khusus untuk menjamu pelanggan dengan adanya layanan antar jual online seperti Go Food atau Grab Food.

Dengan menggunakan peralatan yang ada di dapur, modal 50 ribu bisa digunakan untuk membeli bahan makanan yang digunakan untuk memasak. Mengingat tingginya keuntungan yang bisa didapat dari bisnis kuliner, ide bisnis ini rasanya sangat patut dipertimbangkan.

5. Jasa Tulis Artikel

Bermunculannya website dan blog di Indonesia membuka peluang besar bagi mereka yang bisa menulis. Hampir setiap website dan blog kini membutuhkan artikel dalam jumlah banyak untuk bisa bersaing dan meningkatkan brand awareness. Karena itulah peluang bisnis jasa tulis artikel masih cukup terbuka lebar meski pesaingnya sudah lumayan banyak.

Bisnis jasa tulis artikel sendiri tidak butuh banyak modal selain kuota intenet untuk memasarkan jasa tersebut.

Agar lebih efektif, tidak ada salahnya membangun portfolio terlebih dahulu untuk meningkatkan reputasi sebagai penulis. Dengan begitu calon klien akan jauh lebih tertarik saat melihat pengalaman yang sudah diperoleh. Dan bukan tidak mungkin, fee yang didapat akan jauh lebih tinggi.

6. Dropshipping

Dropship jadi solusi bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan modal yang sangat minim, atau bahkan tanpa modal sekalipun.

Berbeda pada bisnis pada umumnya di mana kita harus memproduksi barang atau menyetoknya, dropshipping memungkinkan kita untuk tidak melakukannya sama sekali.

Metode dropship sendiri kini sangat menjamur di Indonesia. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari supplier dropship terpercaya. Setelah itu pasarkan barang yang mereka miliki melalui website, sosial media, atau online marketplace.

Setelah mendapatkan pesanan, kita hanya perlu meneruskan info pesanan kepada supplier kita. Barang pun akan dikemas dan dikirim langsung kepada pelanggan tanpa lagi memerlukan campur tangan kita.

Keuntungan yang didapat merupakan selisih harga supplier dengan harga jual kita. enaknya, kita tidak perlu repot dengan berbagai hal dan bisa fokus pada penjualan saja. Tidak hanya itu, beberapa supplier juga menyediakan fitur white label bagi mereka yang ingin menjual produk dropshipping menggunakan brand dan logo mereka sendiri.

7. Jual Produk Digital dengan Affiliate Marketing

Dibandingkan produk fisik seperti pakaian atau peralatan rumah tangga, produk digital menjanjikan keuntungan yang lebih besar karena proses produksinya yang hanya dilakukan sekali namun bisa dijual berkali-kali.

Meski menggiurkan, tidak semua orang bisa membuat produk digital yang dibutuhkan orang lain. Namun jangan berkecil hati, siapa saja masih bisa ikutan menjual produk digital selama pengembangnya menerapkan sistem affiliate marketing.

Affiliate marketing sendiri tidak jauh berbeda dengan makelar. Sebagai affiliate marketer, kita hanya perlu mempromosikan produk yang akan dijual saja. Jika ada yang membeli produk tersebut melalui link afiliasi kita, maka kita bisa mendapatkan komisi yang sudah ditetapkan.

Program afiliasi untuk produk digital sendiri bisa dilakukan tanpa modal. Kebanyakan penyedia program afiliasi pun umumnya tidak menerapkan sistem membership atau pendaftaran untuk bisa menjual barang-barang digital mereka.

8. Jual Beli Barang Preloved

Bisnis jual beli barang preloved merupakan istilah yang lebih manis untuk jual beli barang bekas. Binsis ini tentunya bisa dilakukan tanpa modal sekalipun karena kita hanya perlu menjual barang-barang layak pakai yang sudah tidak digunakan lagi. Bisnis ini akan lebih efektif jika kita senang dengan produk-produk branded yang sudah dikenal di masyarakat.

Namun jangan hanya menjual barang-barang pribadi saja, kita juga bisa mengembangkan bisnis dengan membeli barang preloved dari orang lain. Pastikan untuk mensurvey harga-harga barang yang akan dibeli agar tidak rugi saat menjualnya kembali.

9. Bisnis Cuci Motor Rumahan

Bisnis cuci motor bisa jadi alternatif bagi yang ingin memulai bisnis dengan modal yang sangat minim, entah 50 ribu atau 100 ribu saja. Dengan menggunakan peralatan di rumah, bisnis ini bisa dimulai siapa saja tanpa memerlukan skill tertentu.

Bisnis cuci motor sendiri cukup menjanjikan, terutama bila lokasi tempat tinggal kita cukup sering dilalui orang. Apalagi pertumbuhan kendaraan roda dua masih cukup pesat di Indonesia. Tidak hanya itu, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan pun tidak banyak dan proses pencucian bisa dilakukan dengan mudah.

10. Jual Minuman Keliling

Ide usaha modal 50 ribu lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menjual minuman, baik di rumah maupun dengan sistem keliling. Skema usahanya bisa disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kita nantinya.

Sebagai contoh, bila ada daerah di sekitar rumah yang sering digunakan untuk aktivitas olahraga, kita bisa menjual air mineral, baik dalam bentuk gelas plastik maupun botolan. Sedangkan bila di sekitar kita ada tempat yang sering dijadikan pangkalan ojek Grab atau Gojek, kita bisa menjajakan kopi atau minuman hangat lainnya.

Jika ingin bisnis minuman rumahan, kini jualan es segar beraneka rasa bisa jadi pilihan. Pada saat musim panas, minuman semacam ini sangat laris diserbu pembeli.


Modal yang minim seharusnya tidak menjadi halangan untuk memulai sebuah bisnis. Buktinya, ada banyak ide usaha bisnis rumahan yang bisa dilakukan hanya dengan modal 50 ribu atau 100 ribu saja. Satu hal yang paling penting adalah niat, kerja keras, dan konsistensi karena tanpa hal tersebut modal besar pun bisa terbuang percuma.

Leave a Reply