10+ Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan & Kegagalan Bisnis

PROFIT.web.id – Modal bukanlah satu-satunya faktor penting yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan sebuah bisnis. Merintis usaha sendiri juga membutuhkan persiapanyang matang, tekad, serta prinsip yang kuat. Jika tidak, usaha apapun yang akan dirintis akan mudah goyah dan tidak menutup kemungkinan jike kelak kita akan mengalami kerugian nantinya.

Tidak hanya itu, memulai suatu usaha juga harus disertai dengan inovasi dan kreativitas yang mumpuni agar usaha kita dapat bersaing di pasaran.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

faktor penentu kesuksesan dan kegagalan bisnis

1. Rencana

Hal pertama yang dapat menentukan kesuksesan dan kegagalan usaha adalah bussines plan atau rencana tentang bisnis yang akan dijalankan. Rencana ini melingkupi semua hal yang ingin kita raih dan wujudkan dalam bisnis tersebut. Dalam rencana bisnis tersebut kita juga harus memiliki gambaran produk kita nantinya.

Selain itu, dengan rencana yang rinci dan matang, potensi kerugian yang kemungkinan terjadi dapat diminimalisir agar kelak usaha dapat berjalan dengan maksimal dan lancar.

2. Modal

Tidak dipungkiri lagi, modal adalah salah satu faktor utama yang berperan penting dalam menentukan kesuksesan dan kegagalan sebuah bisnis. Modal yang cukup akan memungkinkan kita untuk melangkah lebih awal dan lebih cepat dibanding kompetitor lainnya.

Adanya modal juga memubuat kita mampu untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat dan bahkan dalam skala besar. Namun kita juga harus berhati-hati agar modal dapat digunakan secara efektif dan tidak menjadi sia-sia saat digunakan.

3. Peluang

Menemukan peluang yang tepat adalah salah satu faktor penting yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis. Untuk menemukannya, kita perlu melakukan riset pasar telebih dahulu. Dengan begitu kita bisa menentukan target konsumen serta promosi apa yang harus dilakukan untuk menjangkau mereka.

4. Determinasi

Setelah memilih bisnis yang ingin dijalankan, pastikan jika kita yakin dengan apa yang kita lakukan. Dengan tekad dan kemauan yang keras untuk menjalankan bisnis tersebut, kita tidak akan mudah goyah meski kelak mengalami berbagai macam kegagalan dan cobaan. Tanpa determinasi yang kuat, seseorang pasti akan mudah menyerah begitu menghadapi suatu masalah dalam bisnis.

5. Passion

Passion mungkin sering dianggap sebelah mata dalam berbinsis. Padahal, tanpa passion, seseorang pasti tidak akan memiliki gairah dalam menjalankan pekerjaan mereka.

Begitu pula dengan pebisnis, mereka harus bisa mencintai apa yang mereka lakukan. Dengan adanya passion, kita akan merasa lebih nyaman dalam menjalani segala sesuatu serta akan rela mencurahkan waktu lebih untuk mengelola bisnis. Makanya saat akan memilih bisnis, penting untuk memperhitungkan passion kita pada bisnis tersebut.

6. Skill

Bisnis akan lebih mudah berkembang maju jika kita memiliki kemampuan yang mendukung bisnis tersebut. Namun jangan khawatir jika kita tidak memiliki skill khusus sebelum berbisnis karena ada banyak cara untuk memperoleh dan meningkatkannya.

Selain dengan mengikuti seminar, skill bisa didapat dengan saling sharing dan diskusi dengan sesama pebisnis baik itu dari bidang yang sama maupun yang berbeda dengan kita. Jadi jangan malas untuk terus belajar jika ingin menjadi pebisnis sukses.

7. Marketing

Dalam bisnis, membuat produk yang baik saja tidak cukup. Kita juga harus bisa menjualnya agar bisa mendapatkan untung. Agar produk kita diminati masyarakat, marketing yang tepat untuk menjangkau dan menjaring pasar menjadi sangat penting. Tanpa adanya promosi dan pemasaran yang tepat, bisnis akan sulit menjangkau target konsumen yang tepat sebagus apapun produk yang kita buat.

8. Sumber Daya Manusia

Kualitas sumber daya manusia yang terdapat dalam bisnis juga dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan usaha kita. Sumber daya manusia yang baik bisa membuat bisnis terus berkembang. Sebaliknya, sumber daya manusia yang kurang baik malah bisa menghambat bisnis.

Agar bisnis kita memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, kita bisa merancang berbagai macam program untuk meningkatkan kemampuan mereka secara berkala. Dengan begitu sumber daya manusia yang dimiliki dapat menunjang keberlangsungan bisnis kita nantinya.

9. Manajemen

Manajemen adalah fondasi penting yang dapat menentukan kesukjsesan dan kegagalan sebuah usaha. Manajemen tidak hanya meliputi pengelolaan dan pengorganisasian bisnis saja, tapi juga melingkupi manajemen waktu dan struktur organisasi sebuah usaha.

Usaha umumnya akan mengalami kendala jika tidak memiliki struktur organisasi yang jelas. Hal ini terjadi karena tidak jelasnya peranan jobdesk yang dimiliki oleh sumber daya manusia didalamnya sehingga muncul kebingungan.

Selain itu, manajemen keuangan juga tidak kalah penting dalam keberlangsungan sebuah usaha. Pengelolaan aset dan sumber daya bisnis yang tepat dan efisien tentu dapat membuat bisnis berjalan optimal.

Agar berjalan lebih efektif, kita juga harus melakukan audit secara berkala untuk mengevaluasi manajemen keuangan bisnis. Pastikan arus kas operasional, modal, pajak maupun utang piutang bisnis telah berjalan dan dibayarkan dengan seharusnya. Jika bagian manajemen berjalan lancar, kondisi operasional usaha juga dapat berjalan dengan maksimal tanpa hambatan yang berarti.

10. Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi yang strategis memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis. Hal ini menjadi lebih penting pada bisnis yang memerlukan akses langsung kepada konsumen seperti toko, gerai, atau restoran. Pemilihan lokasi bisnis yang tidak tepat dapat menjadi kendala dan lama kelamaan dapat membuat bisnis sulit berkembang.

Saat memilih lokasi bisnis, pastikan lokasi tersebut banyak dilalui oleh target pelanggan kita. Selain itu cek juga kemudahan aksesnya agar lokasi mudah dijangkau dari berbagai tempat. Dan tidak kalah pentingnya, cek apakah lokasi juga memiliki lahan parkir yang memadai. Tergantung ukuran bisnisnya, lahan parkir bisa menjadi nilai plus bagi sebuah usaha.

11. Inovasi

Sama seperti teknologi, dunia bisnis juga terus menerus mengalami perkembangan. Makanya, pelaku bisnis juga dituntut untuk selalu inovatif agar dapat menyesuakan bisnis dengan tren dan teknologi terkini.

Setiap pelaku usaha harus bisa melihat peluang yang jeli dan memecahkan masalah dengan pemikiran yang terbuka. Selain itu pebisnis sukses juga harus bisa melihat peluang untuk meningkatkan skill pegawai serta mahir dalam melihat perubahan yang terjadi dalam dunia kerja.

Dengan pemikiran yang terbuka, pelaku wirausaha dapat mengembangkan bisnis sesuai dengan perkembangan zaman. Dan yang tidak kalah penting, kita juga harus memiliki pemikiran ‘self-starter’. Dengan begitu kita harus berani memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu yang perlu dilakukan, karena kita sendiri lah yang menentukan ke mana arah bisnis yang akan kita terapkan.

12. Kreativitas

Salah satu hal yang bisa membedakan bisnis kita dengan bisnis lain adalah kreativitas dalam mengembangkan, mengolah, serta mempromosikannya. Dengan kreativitas yang tinggi, kita akan dengan mudah membedakan produk kita dengan produk dari kompetitor lainnya.

Untuk melakukannya, kita bisa melihat masalah dari produk yang ada. Setelah itu kita bisa mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya lalu menemukan pola marketing yang bisa diterapkan untuk mengembangkan bisnis. Agar orang lebi tertarik, kita bisa menerapkan hal-hal unik dan inovatif.

13. Kompetitif

Saat ini terdapat banyak sekali pebisnis yang muncul dengan ide cemerlang yang unik dan menarik. maisng-masing berlomba-lomba menawarkan produk yang berbeda dan lebi baik dari pebisnis lainnya. Dengan tingkat persaingan yang tinggi, sifat kompetitif bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Dengan memiliki sifat kompetitif, kita akan cenderung tidak ingin kalah dalam segala hal dan selalu memiliki keinginan tinggi untuk memenangkan persaingan. Jika diarahkan dengan baik, sifat kompetitif ini akan memacu kita untuk membuat inovasi yang lebih baik dan agar bisnis dapat bersaing di pasaran. 

14. Etika Kerja

Entrepreneur yang sukses biasanya selalu memiliki etika kerja positif yang sudah menjadi kebiasaan dan selalu mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook, membiasakan work-life balance dalam pekerjaannya namun juga seringkali bekerja overtime jika memang dibutuhkan. Dengan etika kerja yang kuat, otomatis bisnis kita pun nantinya akan ikut berkembang.

Selain etika, hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha adalah kedisiplinan dalam berbisnis. Setiap pebisnis harus memiliki strategi yang tepat untuk meraih goal dan tujuan yang ingin didapat. Untuk meraihnya, kita harus memiliki kedisiplinan yang harus diterapkan dalam keseharian agar tertular saat kita berbisnis.

Agar lebih efektif, terapkan juga kedisiplinan ini ke dalam usaha kita maupun pegawai Anda, dan pastikan kita konsisten dalam menjalankan berbagai macam aturan dalam berbisnis.

15. Networking

Kemampuan untuk memilih rekan bisnis dan networking yang tepat juga sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan sebuah bisnis. Agar bisnis berjalan baik, kita harus bisa memilih rekan bisnis yang tepat dan memiliki tujuan serta visi misi yang sama dengan bisnis yang sedang kita jalankan.


Itulah dia poin-poin yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan sebuah usaha. Tidak melulu soal modal, bisnis juga memerlukan banyak faktor lain untuk bisa sukses di pasaran.

Jadi jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, jangan berkecil hati karena modal bukanlah satu-satunya hal penting dalam memulai sebuah bisnis.

Leave a Reply