5 Contoh Investasi Properti yang Menguntungkan

PROFIT.web.id – Investasi properti adalah salah satu pilihan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Dengan terbatasnya jumlah lahan, properti akan selalu menjadi incaran, baik untuk dijadikan hunian maupun ruang perkantoran.

Faktor kelangkaan juga lah yang membuat nilai investasi properti terus meningkat sepanjang tahunnya. Tidak hanya berbentuk bangunan, tanah kosong pun bisa jadi investasi yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi di masa depan.

Dibandingkan jenis investasi lainnya, investasi properti memang butuh modal awal yang cukup besar. Namun hal ini akan sebanding dengan potensi keuntungan yang bisa didapat dikemudian hari. Bila ingin ikut melakukan properti, kenali dulu yuk beberapa contoh investasi properti yang menguntungkan berikut ini.

Macam-Macam Investasi Properti

Residential Property

Residential property adalah jenis investasi properti yang bertujuan untuk dijadikan hunian atau tempat tinggal. Dibanding jenis investasi properti lainnya, residential property jauh lebih umum dan bisa dimulai dari modal yang lebih kecil.

Investasi properti ini sangat dibutuhkan mengingat hunian menjadi salah satu kebutuhan pokok, apalagi untuk mereka yang sudah berumah tangga. Makanya kebutuhan akan rumah tinggal terus tinggi sepanjang tahun mengingat jumlah lahan yang terbatas.

Selain mendapatkan untung dari jual beli properti hunian, kita juga bisa mendapatkan untung dengan cara menyewakan properti hunian tersebut. Tergantung lokasi dan besarnya hunian, investasi properti ini tergolong menguntungkan dan bisa jadi sumber passive income.

Beberapa contoh investasi properti jenis ini antara lain.

1. Rumah

Setiap orang yang sudah berkeluarga tentunya sangat mendambakan untuk memiliki rumah sendiri. Makanya rumah selalu menjadi incaran, terkadang tidak peduli di mana lokasinya.

Untuk memilih rumah yang bisa dijadikan investasi, kita bisa melihat budget serta kebutuhan masyarakat. Bila budget yang dimiliki terbatas, rumah-rumah di daerah penyangga ibukota yang memiliki perkembangan pesat bisa jadi pilihan utama. Jual beli rumah umumnya bisa dilakukan lebih cepat mengingat ada cukup banyak peminat.

jika ingin mengincar rumah di tengah kota, siapkan dana yang lebih besar. Namun kita juga bisa mengincar rumah yang tidak terlalu luas atau berada di dalam perkampungan untuk menekan modal awal.

Selain mendapatkan untung dari jual beli rumah, kita juga bisa mendapatkan untung dengan menyewakannya. Bila lokasi rumah cukup strategis, akan ada cukup banyak peminat yang mau menyewa rumah untuk kebutuhan sementara keluarga mereka. Kita pun bisa menggunakannya sendiri kelak bila membutuhkannya.

2. Kontrakan

Kontrakan jadi salah satu contoh investasi properti yang sangat menguntungkan dan banyak dicari orang

Binsis kontrakan adalah salah satu contoh investasi properti yang menguntungkan dan banyak dicari

Mirip dengan rumah, kontrakan juga jadi hunian yang cukup laris di pasaran. Bedanya, ukuran kontrakan umumnya tidak terlalu luas dan hanya cocok untuk ditempati sendiri atau untuk keluarga kecil.

Kontrakan jadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki tempat tinggal, namun memiliki budget yang terbatas. Harga sewa yang ditawarkan nantinya akan sangat tergantung dari luas bangunan serta jaraknya dari berbagai fasilitas umum.

3. Kos-Kosan

Beda lagi dengan kontrakan, kos-kosan umumnya berukuran jauh lebih kecil lagi. Kadang bentuknya hanya berupa kamar yang bisa ditempati oleh satu orang saja.

Kos-kosan jadi umumnya jadi solusi bagi mereka yang membutuhkan hunian sementara dengan harga yang terjangkau. Makanya kos-kosan lebih sering kita jumpai dekat dengan kampus, perkantoran, atau lokasi lain yang dekat dengan sarana transportasi umum.

Permintaan akan kos-kosan sendiri berpotensi tidak pernah surut selama lokasi yang menjadi tujuan penghuni tidak berpindah tempat. Makanya jenis investasi properti ini akan sangat menguntungkan dan bisa menjadi sumber passive income bagi pemiliknya.

4. Apartemen

Apartemen jadi jenis investasi properti yang umumnya menjadi incaran masyarakat perkotaan kalangan menengah ke atas. Pembeli atau penyewa apartemen biasanya memiliki penghasilan di atas rata-rata dan butuh tempat tinggal yang nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap.

Dibandingkan jenis properti hunian lainnya, apartemen bisa mendatangkan nilai sewa yang jauh lebih tinggi. Hal yang wajar mengingat penyewa tidak hanya mendapatkan tempat tinggal saja, tapi juga segala fasilitas di dalamnya.

Bila ingin menjualnya, bisnis jual beli apartemen juga menarik untuk digeluti dan bisa mendatangkan untung yang lumayan besar.

Commercial Property

Jenis investasi properti yang kedua adalah commercial property yang lebih fokus dalam memanfaatkan properti untuk kepentingan bisnis. Jenis investasi ini umumnya butuh lebih banyak modal karena kebanyakan bisnis butuh lokasi yang jauh lebih luas dibanding rumah tinggal.

Commercial property sendiri biasanya lebih banyak disewakan dibanding diperjualbelikan. Tidak jarang jangka waktu sewanya pun dilakukan dalam waktu yang cukup panjang.

Beberapa contoh investasi properti jenis ini antara lain.

5. Tanah

Selain rumah, tanah juga jadi properti yang banyak diburu. Apalagi tanah umumnya memiliki harga yang lebih rendah, namun sama-sama memiliki kenaikan harga yang cukup konsisten setiap tahunnya.

Dibanding membeli rumah, tanah kosong memiliki beberapa kelebihan seperti biaya perawatan yang lebih minim dibanding investasi properti lainnya. Tanah yang kita miliki pun dapat dimanfaatkan untuk keperluan komersil seperti disewakan sebagai lahan parkir, tempat usaha lahan terbuka, kebun, dan masih banyak lagi.

Jika ingin dijual pun, nilai tanah pun bisa ditingkatkan lagi dengan mendirikan bangunan di atasnya.

6. Kios, Toko, atau Ruko

Investasi dalam bentuk kios atau toko sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sewa rumah biasa. Bedanya, kios dan toko umumnya digunakan untuk keperluan bisnis, meski kadang digunakan bersamaan sebagai tempat tinggal.

Satu perbedaan kios dan toko dengan rumah adalah lokasinya. Membangun ruko tentu akan lebih menguntungkan bila lokasinya berada di tempat yang mudah dijangkau dan dilalui banyak orang.

7. Kantor

Gedung kantor adalah salah satu jenis investasi properti yang bisa dilakukan di daerah perkotaan

Menyewakan gedung sebagai kantor atau coworking space jadi contoh investasi properti yang bisa dilakukan di perkotaan

Meski ruko juga bisa disewakan untuk kantor, gedung kantor tersendiri juga jadi kebutuhan yang banyak dicari perusahaan yang ingin memenuhi perkembangan bisnis mereka. Membangun kantor sendiri tentu akan memakan biaya besar sehingga mereka memilih opsi untuk menyewa gedung kantor yang sudah ada.

Sebagai alternatif kantor, kini ada banyak juga gedung yang diperuntukan sebagai coworking space. Beda dengan kantor biasa, coworking space tidak butuh tempat yang terlalu besar. Harga sewanya pun lebih murah dan bisa digunakan untuk individu.

Dibandingkan dengan jenis investasi properti lainnya, membuat gedung untuk kantor butuh biaya yang sangat besar. Selain itu biaya perawatannya juga cukup menguras kocek. Namun jika lokasinya sangat baik, gedung kantor bisa mendatangkan untung yang lebih besar.

Industrial Property

Jenis investasi properti yang terakhir adalah industrial property. Seperti commercial property, tanah dan bangunan yang masuk dalam kategori ini juga lebih sering digunakan untuk bisnis. Bedanya, peruntukannya lebih fokus pada keperluan industri seperti proses produksi, perakitan, tempat penelitian, pergudangan, atau sebagai hub distribusi barang.

Lokasi akan sangat berperan penting dalam menentukan letak bangunan atau tanah yang akan disewakan. Pertama, properti industri harus bisa memenuhi persyaratan zonasi agar bisa digunakan. Selain itu letak properti yang dekat dengan hub transportasi seperti pelabuhan atau rel kereta akan lebih menguntungkan, meski untuk beberapa keperluan, lokasi di sekitar pemukiman juga sama baiknya.

8. Gudang

Sebagai contoh, gudang adalah salah satu bentuk investasi industrial property yang paling umum. Gudang sendiri umumnya berupa bangunan berbentuk sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, tidak hanya sebagai tempat penyimpanan barang saja.

Saat akan membangun gudang besar berskala industri, sangat penting untuk menentukan lokasi gudang serta bentuk gudang itu sendiri.

Lokasi yang dekat dengan pelabuhan atau rel kereta tentu akan lebih dicari karena memudahkan untuk bongkar muat barang. Selain itu bentuk gudang yang memiliki atap yang tinggi juga penting agar gudang bisa digunakan untuk menyimpan lebih banyak barang.


Itulah macam-macam investasi properti yang banyak dicari sekaligus menguntungkan. Tergantung dari budget dan kebutuhan, ada banyak jenis investasi properti yang bisa diambil untuk dimanfaatkan sebagai lahan pendapatan. Selain melalui jual beli, properti juga bisa disewakan untuk mendapatkan passive income. Pemasarannya pun tidak sulit karena kini ada banyak aplikasi jual beli rumah yang bisa digunakan untuk membantu promosi.

Leave a Reply