Cara COD di Tokopedia untuk Penjual dan Pembeli

PROFIT.web.id – COD (cash on delivery) kini jadi salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan oleh banyak situs e-commerce di Indonesia. Dengan adanya COD, pembeli dapat membayar tagihan setelah barang sampai ke tangan mereka.

Salah satu aplikasi belanja online yang bisa COD adalah Tokopedia. Hanya dengan beberapa langkah mudah, seller dapat mengaktifkan sistem pembayaran COD di Tokopedia dan buyer pun bisa memesan barang dan bayar di tempat.

cara COD di tokopedia untuk penjual dan pembeli

Syarat dan Ketentuan COD Tokopedia

Sebelum mengaktifkan dan menggunakan metode pembayaran COD, baiknya seller dan buyer memperhatikan terlebih dahulu syarat dan ketentuan COD yang berlaku di Tokopedia.

Mengutip keterangan dari help center dan blog Tokopedia, berikut adalah rinciannya.

Penjual

  • Seller tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim atau biaya apapun karena ongkos kirim, ongkos retur, serta request pickup barang akan ditanggung oleh Tokopedia.
  • Penjual harus mengaktifkan layanan COD terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Mengaktifkan layanan COD akan secara otomatis mengaktifkan layanan antar SiCepat. Selain itu memilih layanan logistik AntarAja juga bisa memberikan penjual fitur COD pada toko online mereka.
  • Dana penjualan akan secara otomatis masuk ke Saldo Tokopedia Seller setelah transaksi selesai tanpa melalui kurir.

Pembeli

  • COD berlaku untuk pembelian barang maksimum Rp2.500.000, sudah termasuk promo.
  • Semua kategori produk bisa menggunakan fitur Bayar di Tempat, kecuali kategori Makanan dan Minuman, barang yang dijual melalui flash sale, atau produk pre-order.
  • Setiap pembeli memiliki jatah 6 kali COD. Transaksi pertama hingga ketiga tidak dikenakan biaya, namun pembelian ke-4 dan ke-6 akan dikenakan biaya layanan sebesar 2.5% dari total harga produk.
  • Pembeli yang tidak ada di tempat dan tidak bisa dihubungi saat pengiriman, ordernya akan dibatalkan. Bila terjadi dua kali, pembeli akan diblacklist oleh Tokopedia.
  • Pembeli wajib membayar terlebih dahulu ke kurir sebelum membuka kemasan barang. Jika paket sudah dibuka, maka pembeli tidak bisa melakukan retur.

Selain beberapa syarat dan ketentuan di atas, perlu diketahui juga bahwa layanan pembayaran COD hanya berlaku di beberapa tempat tertentu saja. Jadi pastikan pembeli dan penjual sudah memeriksa ketersediaan metode pembayaran tersebut sesuai wilayah masing-masing.

Cara COD di Tokopedia untuk Penjual (Seller)

Untuk menggunakan sistem pembayaran COD, penjual harus mengaktifkan fitur COD pada dasbor terlebih dahulu. Setelah menerima pesanan, packing barang dan request pickup pada pesanan. Untuk penjelasan lengkap, silahkan cek langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Login ke halaman Seller Center Tokopedia lalu masuk ke menu Pengaturan Toko >> Pengiriman
  2. Pada menu pengiriman tersebut, pilih SiCepat atau AntarAja lalu aktifkan opsi Bayar di Tempat
  3. Jika sudah, masuk ke menu Layanan untuk mengaktifkan metode pembayaran COD.
  4. Saat ada pesanan masuk yang menggunakan sistem COD, siapkan barang seperti bisa lengkap dengan resi pengiriman. Setelah itu klik tombol Request Pickup agar barang dapat diambil oleh kurir.
  5. Barcode yang sudah diambil kurir dan discan akan secara otomatis berubah status menjadi “Dalam Pengiriman” dan penjual hanya perlu menunggu transaksi selesai untuk mendapatkan pembayaran.

Cara COD di Tokopedia untuk Pembeli (Buyer)

Setiap penjual yang menyediakan layanan COD akan memiliki opsi pembayaran tersebut saat checkout. Jadi pembeli bisa langsung memilihnya untuk bisa bayar di tempat. Untuk penjelasan lengkap, silahkan ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Cari barang yang ingin dibeli. Untuk memudahkan, gunakan filter COD dan pilih lokasi sesuai wilayah tempat tinggal.
  2. Jika sudah, lakukan transaksi seperti biasa, lalu klik tombol Lanjutkan
  3. Pada proses checkout, pilih kurir SiCepat atau AntarAja, biasanya ada tulisan Tersedia COD (Bayar di Tempat).
  4. Setelah selesai, pesanan akan segera diproses dan pembeli hanya perlu menunggu barang datang ke rumah.

itu dia beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan layanan COD bagi penjual dan membei barang dengan sistem COD untuk pembeli. Dengan adanya sistem bayar di tempat, baik pembeli dan penjual bisa sama-sama mendapatkan manfaat saat berbelanja online melalui aplikasi Tokopedia.

Leave a Reply