10 Aplikasi Stok Barang Terbaik di Android

aplikasi stok barang terbaik di android


PROFIT.web.id – Mengelola stok barang menjadi salah satu hal penting bagi pebisnis.

Dengan mengetahui hal ini, bisnis akan berjalan lancar karena kebutuhan pelanggan akan terus bisa dipenuhi dan keuntungan pun akan lebih maksimal karena semua stok terhitung dengan baik dalam neraca keuangan.

Dalam bisnis berskala kecil, menghitung dan mendata stok barang rasanya masih bisa dilakukan menggunakan kertas dan pena.

Namun saat inventaris gudang semakin kompleks dan pendataan harus dilakukan dalam waktu cepat, maka akan sulit untuk melakukan hal ini secara manual.

Untungnya kini ada cukup banyak aplikasi stok barang yang bisa diandalkan. Beberapa bahkan bisa diakses melalui smartphone secara offline.

Nah, jika butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi stok barang terbaik di Android yang bisa digunakan secara gratis.

Aplikasi Stok Barang Gratis Terbaik

1. Stock and Inventory Simple

aplikasi stok barang gratis stock and inventory simple

Stock and Inventory Simple jadi aplikasi yang sempurna untuk melacak dan mendata semua barang stok yang tersimpan di gudang. Tidak cuma itu, aplikasi ini bahkan bisa digunakan pada bisnis kecil untuk mencatat penjualan dan pemasukan.

Setiap data stok yang dimasukan nantinya bisa ditambahkan foto/gambar pelengkap. Produk pun dapat dikategorikan agar lebih mudah dicari. Agar proses pendataan barang lebih cepat, aplikasi ini juga bisa memindai barcode baik melalui kamera smartphone atau melalui pemindai eksternal.

Satu hal yang menarik, kita bisa mengatur jumlah minimum stok agar nantinya kita bisa mendapat notifikasi saat stok mulai menipis.

Data-data barang yang telah berhasil diinput nantinya bisa disimpan dan diimport dalam bentuk file Excel.Kita bahkan bisa membuat template PDF untuk membuat katalog, daftar harga, serta invoices.

2. Stock and Inventory Management System

aplikasi stok barang stock and inventory management system

Stock and Inventory Management System adalah aplikasi yang bisa mengatur, melacak, dan mengontrol inventaris barang.

Melalui aplikasi ini, kita bisa menambahkan beragam detail produk mulai dari nama, ID produk, harga pembelian, serta deskripsi singkat mengenai produk tersebut. Agar proses pendataan barang bisa dilakukan lebih cepat, aplikasi ini menyediakan fitur QR dan barcode scanner untuk membaca kode produk.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mendata transaksi masuk dan keluar. Pada aplikasi juga terdapat filter yang memudahkan pengguna untuk mencari produk dan transaksi yang mereka inginkan. Dan bila ada stok yang mulai menipis, aplikasi ini akan memberikan peringatan agar kita bisa melakukan pembelian stok sebelum barang habis.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan laporan untuk masing-masing barang dilengkapi dengan pie chart yang mudah dipahami siapa saja. Data-data barang pun dapat dibackup atau di-export dalam bentuk PDF atau Excel.

3. Stock Count (Inventory Scanner) Stock Take Opname

aplikasi stok barang stock count bahasa indonesia

Meski namanya kebarat-baratan, aplikasi Stock Count adalah aplikasi buatan developer lokal dan menyediakan support dalam bahasa Indonesia. Dengan aplikasi gratis dari iREAP ini kita bisa melakukan inventory checking melalui perangkat smarphone saja.

Untuk memudahkan pendataan barang gudang, aplikasi ini dilengkapi fitur untuk membaca kode produk yang bisa digunakan memakai barcode scanner atau melalui kamera hp.

Data yang ada pun bisa diakses secara offline dan bisa disimpan dalam file CSV. hasil perhitungan pun nantinya dapat dikirimkan via email.

Dan bagi pelaku bisnis yang ingin menggabungkan aplikasi ini dengan kasir, iREAP juga menyediakan aplikasi kasir/POS online yang bisa diintegrasikan dengan mudah dengan aplikasi stok barang ini.

4. Smart Inventory System – Mobile & Web

smart inventory system

Smart Inventory System adalah aplikasi yang bisa membantu pelaku bisnis untuk mengelola stok barang dengan mudah melalui smartphone dan aplikasi berbasis web. Aplikasi ini juga baik digunakan untuk berkolaborasi agar bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Stok barang yang diinput nantinya akan dikategorikan pada 3 level berbeda. Items digunakan pada barang yang dapat dihitung dan dipindahkan, Groups digunakan untuk mengelompokan barang berdasarkan kategori tertentu seperti lokasi, ukuran, atau supplier, dan Tags digunakan untuk memberikan detail barang. Dengan ketiga level ini, pengguna akan lebih mudah dalam mengatur barang dan mencarinya dengan cepat.

Setelah diinput, data-data stok barang nantinya bisa disimpan dalam cloud system yang aman dan dapat dibagikan ke siapa saja selama memiliki akun login yang sama.

5. Mobile Inventory

Mobile Inventory adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk mengatur dan menghitung stok barang secara real-time. Tidak hanya mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang cocok untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pada versi gratisnya, aplikasi ini menawarkan fitur stock management di mana kita bisa menambahkan barang dan memberikan informasi detail seperti kategori, tag, jumlah, lokasi, atau data kustom lainnya.

Sedangkan pada versi Premium terdapat beberapa fitur tambahan seperti export data ke file Excel, NFC support, serta external barcode scanner.

6. Inventory

Inventory adalah aplikasi sederhana yang menggabungkan fitur barcode scanning, QR, dan perhitungan stok barang. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mendata dan menghitung barang-barang di rumah.

Selain melalui ponsel, data hasil input pun dapat diakses melalui web browser. Dan dengan multiple users support, data pun dapat diakses beberapa orang sekaligus. Data pun akan terupdate secara real-time saat ada transaksi keluar masuk.

Data yang diinput nantinya akan secara otomatis disinkronisasi agar bisa diakses dari berbagai perangkat. Data stok barang pun selalu dibackup setiap hari dan ada opsi import dan export untuk membackup data secar lokal di kartu SD.

7. Inventory Management

aplikasi untuk mencatat stok gudang inventory management

Inventory Management adalah aplikasi sederhana yang bisa dipakai untuk mencatat dan menghitung jumlah stok barang gudang. Cocok untuk usaha kecil dan menengah seperti toko sembako, apotek, hingga warung kecil. Satu hal yang patut jadi pertimbangan, aplikasi support bahasa Indonesia selain bahasa Inggris dan bahasa populer lainnya.

Satu hal menarik dari aplikasi stok barang ini adalah menu kustomisasinya yang melimpah. Dengan begitu kita bisa mengatur aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan mulai dari menampilkan tanggal transaksi, menambahkan deskripsi saat menginput data, atau menambahkan perhitungan negatif.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memilki fitur pricing dan memberi label harga pada setiap barang. Dengan begitu laporan histori transaksi bisa menampilkan kolom pendapatan serta profit dan kerugian yang didapat pada periode tertentu.

8. POS Qasir: Aplikasi kasir online untuk UMKM

aplikasi kasir online sekaligus stok barang Qasir

Qasir lebih dari sekedar aplikasi stok barang saja, tapi juga aplikasi kasir lengkap yang bisa mendukung sistem point of sale (POS) untuk beragam keperluan bisnis, mulai dari usaha makanan dan minuman, fashion, mini market, toko elektronik, hingga online shop.

Jadi tidak hanya bisa dipakai untuk menghitung stok barang di gudang, aplikasi ini juga bisa dipakai mencatat transaksi harian, memonitor keuangan, menyediakan fitur pembayaran digital, dan masih banyak lagi. Semua fitur tersebut juga terintegrasi dengan baik sehingga stok barang akan selalu terupdate sesuai dengan transaksi harian yang terjadi.

9. BukuKas – Pembukuan Keuangan UMKM, Aplikasi Kasir

Sama seperti Qasir, BukuKas juga menjadi salah satu aplikasi kasir terbaik yang juga menyediakan fitur untuk mempermudah pemilik usaha untuk mengelola stok barang mereka. Stok barang dapat dengan mudah ditambahkan dan secara otomatis akan terupdate secara real-time.

Tidak hanya untuk keperluan bisnis, BukuKas juga bisa jadi aplikasi pengelola keuangan rumah tangga yang mudah digunakan siapa saja.

10. Simple Stock Manager

simple stock manager

Aplikasi stok barang terakhir yang cocok untuk pelaku usaha adalah Simple Stock Manager. Selain memiliki tampilan yang gampang dimengerti, data-data pun dijamin aman dengan adanya backup berkala yang dienkripsi agar hanya pengguna saja yang bisa mengaksesnya.

Aplikasi ini memungkinkan siapa saja untuk mengelola stok barang dengan mudah. Cukup tambahkan produk, baik secara manual atau memakai barcode scanner, lalu aplikasi ini akan secara otomatis mengupdate jumlah barang sesuai dengan transaksi harian. Saat stok barang menipis, akan ada notifikasi agar restocking bisa segera dilakukan.


Itu dia beberapa aplikasi stok barang gratis yang bisa membantu pelaku bisnis untuk lebih mengoptimalkan kinerja mereka. Dengan begitu alur usaha akan tetap lancar dan kita pun bisa fokus pada hal lain untuk mengembangkan bisnis yang kita kelola.

One comment

Leave a Reply