9 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

PROFIT.web.id – Sebagai orang Indonesia mungkin kita patut bersyukur dengan banyaknya aplikasi belanja online saat ini. Dengan begitu kita bisa membeli berbagai macam hal tanpa perlu pergi keluar rumah.

Namun kelebihan belanja online tidak sampai di situ saja, karena beberapa merchant menawarkan harga yang relatif lebih murah dibanding membeli langsung di toko offline. Selain itu banyaknya promo diskon dan free ongkir membuat transaksi melalui aplikasi e-commerce menjadi lebih diminati.

Nah, buat yang penasaran apa saja aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya di Indonesia, langsung saja simak daftarnya berikut ini.

Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya yang memudahkan belanja dari rumah

1. Tokopedia

Tidak salah rasanya menyebut Tokopedia sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia saat ini. Buktinya, Tokpedia menjadi salah satu startup berstatus unicorn dan diharapkan bisa menjadi decacorn berkat suntikan dana baru dari Temasek.

Tokopedia sendiri memang menawarkan pengalaman belanja online yang sangat memuasakan. Kamu bisa menemukan berbagai macam barang mulai dari produk kebutuhan sehari-hari, hingga barang-barang mewah yang sulit ditemukan di Indonesia.

Sistem pembayarannya sendiri sangat aman dan mudah digunakan. Selain menggunaan rekening bersama, integrasinya dengan dompet virtual OVO membuat semua pembayaran tagihan di Tokopedia menjadi jauh lebih cepat dan lebih praktis.

Dan tidak hanya melayani transaksi jual beli saja, Tokopedia juga memiliki segudang fitur lain yang dapat memanjakan penggunanya.

Sebagai contoh, di Tokopedia terdapat fitur Tokopedia Emas di mana pengguna bisa membeli, menjual, dan menyimpan emas dengan mudah menggunakan akun Tokopedia mereka. Pengguna pun disediakan grafik harga agar pengguna bisa membeli dan menjual emas di saat yang tepat. Jadi jika kamu sering menggunakan Tokopedia dan sedang mencari aplikasi jual beli emas online terpercaya, maka Tokopedia Emas bisa jadi pilihanmu.

2. Bukalapak

Aplikasi belanja online Bukalapak menjadi satu dari dua nama startup e-commerce yang berhasil meraih status unicorn di indonesia. Dirilis sejak tahun 2010, situs e-commerce buatan Ahmad Zacky ini menjadi pilihan utama bagi penjual dan pembeli online yang ingin mencari barang murah.

Dengan banyaknya jumlah merchant, kamu tidak akan kesulitan mencari berbagai barang-barang kebutuhan mulai dari produk fashion, hobi, alat kesehatan, hingga beragam produk kendaraan.

Fitur yang ditawarkan Bukalapak sendiri tidak jauh berbeda dengan Tokopedia. Selain bisa digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan, pembelian token dan pulsa llistrik, hingga menanamkan modal pada investasi reksa dana dan emas.

Satu hal menarik dari Bukalapak adalah adanya fitur ‘tawar’ yang memungkinkan pembeli menawar harga yang sudah dipasang penjual secara online. Cocok untuk kamu yang suka menawar dan mencari harga termurah. Selain itu aplikasi e-commerce ini juga terhubung dengan DANA yang pastinya memudahkan pengguna dompet virtual tersebut.

3. Shopee

aplikasi jual beli online yang bisa cod dan bayar di rumah

Meski tergolong baru dibanding dua nama di atas, Shopee mampu menarik perhatian dan menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik dan terbesar di Indonesia.

Tidak heran melihat bagaimana startup asal Singapura ini memanjakan penggunanya dengan beragam promo seperti potongan harga, cashback, hingga free ongkir yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Dengan banyaknya pilihan seller yang tersedia, tidak sulit untuk mencari barang incaranmu dengan harga miring. Kamu bahkan bisa menemukan barang dengan harga grosiran untuk dijual kembali. Dan jika ingin berbelanja di tempat yang terpercaya, aplikasi ini menyediakan layanan Shopee Mall yang menjamin semua barang asli dan berkualitas baik sebelum dikirimkan.

Pembayaran pun mudah dilakukan dengan tersedianya beragam pilihan menu pembayaran. Meski begitu akan lebih menguntungkan jika kamu memiliki Shopeepay yang tidak hanya bisa digunakan di Shopee, tapi juga di banyak merchant offline lainnya di banyak kota besar di Indonesia.

Satu hal yang menarik, kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan sistem COD (cash on Delivery) atau bayar langsung di rumah.

4. Lazada

Selain Shopee, Lazada adalah startup asal luar negeri yang juga cukup populer di Indonesia. Tapi tidak hanya di sini saja, Lazada juga menjadi aplikasi jual beli online terbesar di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Satu hal yang membuat Lazada lebih aman dibanding aplikasi e-commerce lainnya adalah sistem penyaringannya yang lebih ketat. Sebelum bisa menjadi seller di Lazada, akan ada proses seleksi terhadap mana produk yang layak dijual dan mana yang terlihat mencurigakan. Penjual yang menyalahgunakan platform ini pun akan langung mendapatkan sanksi hingga pembekuan akun sehingga pengguna akan tetap merasa aman saat berbelanja.

5. Blibli

Blibli adalah aplikasi jual beli online yang merupakan anak perusahaan Djarum. Di sini kamu bisa menemukan banyak produk mulai dari kebutuhan harian, barang elektronik, gadget, komputer, mainan, hingga peralatan olahraga. Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli beragam produk e-voucher seperti pulsa, paket data, token listrik, hingga voucher game murah.

Satu hal yang menarik dari Blibli adalah adanya fitur cicilan. Dengan begitu pengguna dapat membeli barang dengan membayar secara mengangsur agar tidak terlalu memberatkan.

Dan jika kamu sering menggunakannya, jangan lupa untuk cek halaman promonya karena Blibli sering bekerja sama dengan banyak brand ternama yang ingin meluncurkan produk barunya seperti yang dilakukan Tesla Mobil baru-baru ini.

6. OLX

Bagi yang sudah lama membeli barang secara online, rasanya tidak akan asing dengan nama TokoBagus.com. Setelah di tahun 2014 lalu bergabung dengan situs belanja online lainnya, Berniaga.com, situs ini melakukan rebranding dengan nama baru OLX.

Meski sekilas sama seperti aplikasi belanja online lain pada umumnya, OLX kini lebih dikenal sebagai aplikasi jual beli barang bekas terbaik dengan banyaknya pilihan barang second berkualitas dengan harga miring. JIka kamu menjual barang di situs ini, kamu bisa memasang iklan agar barang lebih banyak dilihat orang dan cepat laku.

7. Zalora

aplikasi belanja online khusus fashion dan produk kecantikan

Zalora adalah aplikasi belanja online di Android dan iOS yang menawarkan konsep unik dan berbeda.

Jika pada aplikasi lain kamu bisa menemukan beragam pilihan produk, di Zalora kamu hanya akan menemukan produk-produk yang berhubungan dengan lifestyle saja seperti pakaian, sepatu, aksesoris, produk kesehatan, serta produk kecantikan.

Makanya, aplikasi ini akan cocok untuk kamu yang ingin tampil modis dengan barang-barang orisinil yang berkualitas dari berbagai brand terkenal.

8. Sociolla

Satu lagi aplikasi belanja online yang hadir dengan konsep unik seperti Zalora. Bedanya, di aplikasi ini kamu hanya akan bisa menemukan produk-produk kecantikan seperti skin care, make up, parfum, hair styling, produk kecantikan korea, dan masih banyak lagi.

Barang-barang yang dijual pun dijamin 100% asli dan sudah mendapatkan izin resmi dari BPOM sehingga aman untuk digunakan.

Dan konsumennya tidak terbatas pada kamu wanita saja karena kamu pria pun bisa menemukan banyak produk perawatan khusus untuk mereka di aplikasi ini.

9. AliExpress

Aplikasi belanja online yang terakhir adalah AliExpress. Berpusat di Tiongkok, AliExpress adalah salah satu online marketplace yang terkenal lengkap dan seringkali digunakan untuk mencari barang yang sulit ditemukan di situs dalam negeri.

Tidak hanya lengkap, aplikasi ini juga menawarkan barang-barang dengan harga murah. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan promo diskon dan free ongkir agar belanja semakin hemat.

Menariknya, meski pesan dari luar negeri kita tidak perlu repot masalah pembayaran. Jadi jagnan bingung jika kamu tidak memiliki kartu kredit atau Paypal karena kamu bisa membayar tagihan dengan cara lain seperti melalui toko ritel Alfamart atau sejenisnya.


Semakin canggihnya teknologi membuat tren belanja online semakin meningkat saja setiap tahunnya. Dengan kemudahan dan harga yang relatif murah, tidak ada salahnya jika kamu juga ikutan shopping menggunakan aplikasi belanja online terbaik seperti Tokopedia atau Shopee.

Leave a Reply